Ini Cara Telkomsel Antisipasi Lonjakan Trafik Jelang Lebaran

Sri Mas Sari
Kamis, 19 Mei 2016 | 18:58 WIB
Mudik Telkomsel 2015. /Bisnis.com
Mudik Telkomsel 2015. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG - Telkomsel melakukan serangkaian optimalisasi jaringan untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi selama Ramadhan dan Lebaran tahun ini.

Pemimpin pasar operator seluler itu akan menjaga kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan atau visitor location register (VLR).

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi Di sepanjang jalur utama mudik di Jawa dan Sumatra, Telkomsel menyediakan kelonggaran 40%-60%, seperti Jawa Barat 41%, Jawa Tengah 42%, Jawa Timur 60%, dan Sumatra Selatan 59%.

"Telkomsel juga mengidentifikasi 809 hotspot atau point of interest (POI) yang meliputi bandara, terminal bus, stasiun kereta, dermaga, rumah sakit, area padat populasi, pasar tradisional, dan mal, di mana terjadi lonjakan komunikasi tinggi selama Ramadhan dan Lebaran," katanya saat memaparkan hasil drive test menjelang Ramadhan, Kamis (19/5/2016).

Untuk memaksimalkan kapasitas di lokasi-lokasi itu, Telkomsel menyiagakan 76 unit compact mobile base station (Combat) agar kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data meningkat.

Di sisi lain, sepanjang tahun Telkomsel terus membangun base transceiver station (BTS) di berbagai daerah yang dapat mendukung keprimaan jaringan selama Ramadhan dan Idulfitri. 

Pada periode Lebaran ini, pelanggan akan dilayani oleh 116.000 BTS di berbagai penjuru negeri, yang mana sekitar 57% di antaranya merupakan BTS broadband (3G dan 4G) yang mampu melayani bandwidth internet sebesar 776 giga bit per second (Gbps).

"Kebutuhan komunikasi masyarakat terus meningkat setiap tahun, terutama pada layanan data yang meningkat lebih dari 100% selama 2015," tutur Sukardi.

Di sisi pelayanan, Telkomsel menghadirkan posko mudik dan titik layanan di POI-POI yang teridentifikasi. Selain itu, 412 Grapari, 392 mobile Grapari, 40 unit layanan digital self service My Grapari, 464 branch office diharapkan berfungsi maksimal selama Ramadhan dan Lebaran.

Sementara itu, channel layanan pelanggan lainnya siap melayani, seperti Twitter @Telkomsel, Facebook Telkomsel, email [email protected], chatting tsel.me/tselchat, maupun call center Caroline di 133 (kartu Halo), 188 (Simpati, Kartu As, Loop).

Telkomsel memprediksi lonjakan layanan SMS selama Ramadhan dan Lebaran kali ini 5%-15% menjadi 930 juta SMS, sedangkan data melesat 15%-25% menembus 2.700 terabyte.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper