Sphero Incar Pasar Robot Indonesia

Sholahuddin Al Ayyubi
Senin, 9 Mei 2016 | 08:52 WIB
Robot humanoid/Reuters
Robot humanoid/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Perusahaan robot global Sphero tengah mengincar pasar robot Indonesia melalui tiga produk teranyarnya BB-8, Ollie dan Sprk karena dinilai memiliki market yang sangat besar dan antusiasme yang tinggi terhadap teknologi.

 
Aurelien Joly, Direktur Sphero Asia-Pasifik mengemukan alasan pihaknya mengincar pasar robot Indonesia yaitu karena pengguna smartphone sangat banyak di Indonesia. Berdasarkan data We Are Social, ada sebanyak 318,5 juta pengguna smartphone dari 225,5 juta penduduk Indonesia ditambah dengan pengguna Internet aktif sebanyak 88,8 juta. Menurutnya, ke tiga produk teranyar dari Sphero yaitu BB-8, Ollie dan Sprk hanya dapat dioperasikan dengan menggunakan smartphone dan Internet.
 
Kami optimistis, produk baru kami ini dapat diterima di Indonesia. Apalagi disini [Indonesia] pengguna smartphone dan Internetnya sangat banyak, itu akan menjadi fondasi yang kuat untuk kami,” tuturnya kepada Bisnis usai acara peluncuran Sphero di Jakarta, Rabu (4/5).
 
Seperti diketahui, Sphero BB-8 merupakan robot yang dapat menggelinding, melompat dan mengikuti perintah suara penggunanya melalui aplikasi Sphero yang ada pada smartphone Android. Kemudian Sphero Ollie adalah robot berbentuk tabung yang dapat melaju dengan kecepatan hingga 22,5 km/jam. Sedangkan Sphero Sprk merupakan robot berbentuk bulat transparan yang dipadukan dengan lampu warna-warni untuk berputar.
 
Joly menjelaskan tiga produk teranyarnyakali ini rencananya akan mengincar konsumen anak-anak hingga dewasa berusia maksimal 25 tahun. Menurutnya, untuk dapat mengoperasikan BB-8, Ollie dan Sprk pengguna terlebih dulu harus mengunduh aplikasi Sphero yang ada di Google Play.
 
Semua robot ini baru dapat dioperasikan setelah penggunanya menginstall aplikasi Sphero di Google Play. Ada tiga aplikasi berbeda untuk masing-masing robot ini,” katanya.
 
Berkaitan dengan itu, Sphero juga telah menggandeng Halo Robotics untuk mendistribusikan seluruh produk dan sistem permainan robot Sphero di Indonesia. Menurut Joly, kerja sama yang dilakukan Sphero dengan Halo Robotics merupakan salah satu upaya untuk memperluas jangkauan pasarnya di Indonesia.
 
Kami senang dengan adanya kerja sama ini dan kami berharap kerja sama ini dapat memperluas jangkauan kami di pasar Indonesia,” ujarnya.
 
Secara terpisah, Direktur Halo Robotics, Eli Moselle mengakuisaat ini pasar mainan berbasis connected play telah berkembang dengan sangat pesar dalam beberapa tahun terakhir. Menurutnya, produk terbaru dari Sphero diyakini tidak hanya dapat dinikmati oleh konsumen anak-anak, tetapi juga berusia dewasa.
 
Ekosistem aplikasi yang kaya juga membuat produk Sphero dapat dinikmati oleh semua orang,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper