Aplikasi Penghapus Iklan Digital dari Kaspersky Hanya untuk iPhone

Sholahuddin Al Ayyubi
Rabu, 13 April 2016 | 00:05 WIB
iPhone/Ilustrasi-Reuters
iPhone/Ilustrasi-Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kaspersky memperkenalkan layanan teranyarnya yaitu Kaspersky AdCleaner yang diperuntukkan hanya bagi pengguna iPhone dan diklaim dapat menghapus seluruh iklan digital di iPhone pada saat penggunanya melakukan aktivitas online.

Alexey Chirkov, Senior Product Manager Kaspersky Lab mengemukakan aplikasi AdCleaner yang hanya dapat digunakan oleh pengguna smartphone yang berjalan di Operating System (OS) iOS ini, dapat secara otomatis memblok banner iklan, link dan jendela popup di halaman web yang dibuka oleh pengguna saat melakukan aktivitas online.

Menurutnya, pengguna iPhone saat ini seringkali mendapatkan iklan yang sangat banyak dan iklan tersebut juga diyakini hampir menutupi semua layar pada perangkat dan dinilai mengganggu aktivitas penggunanya.

“Terkadang, untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, mereka harus berjuang terlebih dahulu melalui berbagai lapisan iklan yang memenuhi layar perangkat mobile,” tuturnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Chirkov menjelaskan pengguna aplikasi AdCleaner juga dapat mengamankan data pribadinya yang ada pada smartphone seperti data email dan kontak agar tidak tersedot pada saat iklan digital tersebut tidak sengaja diklik oleh pengguna iPhone.

Menurutnya, jika iklan digital tidak sengaja diklik oleh pengguna, akan berakibat fatal, karena tidak hanya data pribadi yang dicuri tetapi juga dapat melacak aktivitas pengguna sedang online. “Aplikasi ini juga dapat membantu untuk melindungi privasi pengguna. Jika menggunakan aplikasi ini, agen iklan tidak dapat melacak aktivitas pengguna ketika online,” katanya.

Senior Product Manager Kaspersky Lab tersebut juga mengakui aplikasi Kaspersky AdCleaner masih belum tersedia untuk pengguna Android. Menurutnya, untuk saat ini aplikasi Kaspersky AdCleaner tersebut baru tersedia pada smartphone yang berjalan di OS iOS milik iPhone karena penetrasi pengguna iOS sudah semakin tinggi.

“Dengan cara ini, AdCleaner tidak hanya membuat surfing web lebih cepat dan lebih nyaman, tetapi juga membantu untuk mengurangi jumlah lalu lintas dan menghemat daya baterai,” ujarnya.

Menurut Chirkov, aplikasi Kaspersky AdCleaner ini sudah tersedia di App Store di sejumlah negara, termasuk di Indonesia dan tersedia dalam bahasa Inggris dan Rusia. Menurutnya, Kaspersky AdCleaner melengkapi portofolio aplikasi Kaspersky Lab untuk iOS, yang meliputi Kaspersky Safe Kids, Kaspersky Password Manager, Kaspersky Safe Browser, dan Kaspersky QR Scanner.

“Aplikasi gratis ini mendukung iOS 9 atau lebih tinggi mulai dari iPhone 5s, iPad Air, iPad Mini 2,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper