Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Alcatel-Lucent Kenalkan 7 Teknologi Industri Perhotelan

Era digitalisasi membuat industri perhotelan dan wisata menghadapi tantangan baru yakni pemanfaatan teknologi agar meningkatkan kinerja operasional hotel.
Agnes Savithri
Agnes Savithri - Bisnis.com 01 Maret 2016  |  19:55 WIB

Bisnis.com, JAKARTA—Era digitalisasi membuat industri perhotelan dan wisata menghadapi tantangan baru yakni pemanfaatan teknologi agar meningkatkan kinerja operasional hotel.

Country Manager Alcatel - Lucent Enterprise Indonesia Adios Purnama mengungkapkan hal pertama yang ditanyakan para tamu bukan mengenai menu makanan tetapi fasilitas WiFi.

“Hal ini menunjukkan bahwa teknologi memainkan peran yang sangat penting dalam industri perhotelan dan wisata. Tren ini terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia,” ujarnya Selasa (1/3) di Jakarta.

Melihat kebutuan tersebut, Adios dan pihaknya memperkenalkan beberapa solusi teknologi terbaru terkait connected experience bagi tamu.

Pertama, mobile guest softphone yakni solusi untuk perangkat mobile yang dirancang bagi industri perhotelan dan wisata. Solusi ini diklaim  memungkinkan para tamu untuk menggunakan perangkat mobile mereka untuk mengakses layanan hotel dan mendapatkan layanan telepon gratis dalam jaringan nirkabel hotel

Kedua, smart guest application suite yang memungkinkan para tamu untuk mengendalikan fasilitas yang tersedia di dalam kamar melalui telepon kamar sehingga mereka dapat mengatur pencahayaan dan suhu kamar dan beberapa aktifitas lainnya.

Ketiga, smart desk-phone yang memungkinkan hotel untuk melakukan personalisasi ketika menyambut tamu dengan menampilkan pesan yang telah dibuat sebelumnya. Para tamu dapat menggunakan perangkat tersebut untuk mendengarkan konten musik milik mereka sendiri atau melalui televisi yang ada di kamar.

Keempat, reservation or service centers multi-channel yang menangani interaksi multi-channel para tamu, yang didukung dengan rekaman percakapan dan  layar, serta panduan pemakaian.

Kelima, emergency notification service. Aplikasi perangkat lunak terpusat, berfungsi untuk menangani panggilan darurat, deteksi dan lokalisasi panggilan darurat, peringatan keamanan di tempat dan menghubungi pusat layanan keselamatan masyarakat.

Keenam, powerful wireless coverage yakniinternet nirkabel di hotel melalui access point yang memberikan cakupan luas dan kuat di semua kamar dan area dalam ruangan maupun luar ruang seperti di kolam renang, taman dan lainnya.

Ketujuh, complete front-desk and back-office services yang didukung oleh solusi komunikasi dengan pesan suara dan panggilan, yang terintegrasi dengan Property Management Systems terbaik di kelasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alcatel industri perhotelan
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top