XL XmartVillage 2.0 Berdayakan Potensi Ekonomi Desa

Agnes Savithri
Rabu, 28 Oktober 2015 | 06:05 WIB
XL Asiata./JIBI
XL Asiata./JIBI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengembangkan program pemberdayaan potensi lingkungan dan ekonomi pedesaan melalui program XmartVillage. Melalui program XmartVillage 2.0 yang telah diterapkan sejak Januari 2015 lalu di Desa Lamajang, Kabupaten Bandung dan Desa Cipacing, Kabupaten Sumedang, operator ini mendorong masyarakat pedesaan dalam memberdayakan potensi desanya secara lebih maksimal dengan mengaplikasikan sejumlah solusi digital.

Direktur dan Chief Digital Service Officer Ongki Kurniawan mengungkapkan keberhasilan program Xmart Village 2.0 merupakan langkah untuk mewujudkan program tepat guna berbasis teknologi digital bagi masyarakat pedesaaan.

“Saat ini, teknologi digital telah membawa seluruh bangsa Indonesia menuju peradaban baru. Teknologi digital juga telah mengubah bagaimana cara kita hidup, berpikir, dan beraktivitas. Teknologi digital memungkinkan apa yang sebelumnya tidak mungkin dan mampu mengubah masalah menjadi peluang,” ujarnya, Selasa (27/10).

Melalui Xmart Village 2.0, XL memperkenalkan solusi-solusi inovatif terbaru bagi penduduk desa, agar mereka dapat berkreasi untuk memberikan kontribusi secara positif dan efektif terhadap permasalahan yang dihadapi oleh desanya. Dengan terbukanya akses teknologi dan pengetahuan, maka tak ada lagi penghambat bagi masyarakat setempat untuk bergerak lebih cepat dalam membangun dan memanfaatkan potensi desanya.

Pada program ini, operator grup Axiata ini secara lebih spesifik mengimplementasikan setidaknya 12 inisiatif, yang memadukan apa yang sudah diterapkan pada Xmart Village 1.0 dengan inisiatif baru. Sebut saja antara lain pembuatan website sebagai alat promosi wisata Lamajang dan Cipacing. Website ini mempermudah masyarakat luas untuk mendapat informasi mengenai berbagai aktivitas dan tempat-tempat menarik di kedua desa tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Agnes Savithri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper