PRODUK LEMARI ES: Sharp Raih Double Platinum Brand

Choirul Anam
Jumat, 2 Oktober 2015 | 14:18 WIB
Bagikan

Bisnis.com, MALANG— Sharp meraih Double Platinum Brand dalam ajang Best Brand Award 2015 untuk kategori lemari es.

Senior General Manager Refrigerator Production Division PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) Yasuo Takenaka mengatakan Sharp menjadi pelopor industri elektronik yang tumbuh dan berkembang bersama Indonesia selama 45 tahun.

“Kompetitor rupanya tak mampu menggeser posisi PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) di hati konsumen Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resminya, Jumat (2/10/2015).

Dalam survei Indonesia Best Brand Award (IBBA) yang dilaksanakan tahun ini, Sharp kembali dinobatkan sebagai merek elektronik terbaik pilihan konsumen Indonesia untuk kategori lemari es.

Ini berarti posisi Sharp sebagai juara tetap selama 13 tahun berturut-turut. Atas pencapaiannya ini, SHARP berhasil membawa pulang lagi Double Platinum Brand 2015, penghargaan tertinggi untuk merek-merek yang pernah memuncaki tangga juara IBBA lebih dari 9 kali.

“Menghasilkan produk-produk berkualitas terbaik adalah sebuah komitmen yang amat menantang, namun mengelola merek selama hampir setengah abad merupakan tantangan tersendiri bagi kami,” ucapnya.

Menurut dia, tak banyak merek yang mampu melampaui fase ini, mempertahankan kepercayaan konsumen Indonesia selama ini.

Indonesia Best Brand Award atau IBBA merupakan program penghargaan reguler yang diselenggarakan sejak tahun 2002 oleh Lembaga Riset MARS dan Majalah SWA Sembada terhadap para pelanggan.

Metodologi survei yang digunakan adalah riset kuantitatif dengan menggunakan kuesioner terstruktur dan wawancara tatap muka, mengukur total 146 kategori produk dari 13 industri yang digelar di tujuh kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Banjarmasin, dengan jumlah responden sebanyak total 5.243 orang dengan kelas sosial ekonomi (SES) ABCDE.

Survei dilakukan selama bulan Maret-Mei 2015, dengan mengukur variabel popularitas merek, popularitas iklan, pangsa pasar, tingkat kepuasan dan kesetiaan pelanggan, serta potensi pertumbuhan merek di masa mendatang.

Tak hanya IBBA 2015, kata dia, menjelang akhir tahun ini, komitmen Sharp  juga meraih sejumlah penghargaan lainnya, yaitu Satria Brand Award 2015, anugerah tertinggi yang diberikan kepada merek terbaik pilihan masyarakat Jawa Tengah, untuk kategori AC, televisi, mesin cuci, dan lemari es.

Penghargaan yang diberikan oleh Suara Merdeka Network ini didasarkan pada hasil riset regional oleh Indoresearch di seluruh karesidenan, yakni 35 kabupaten/kota, di wilayah Jawa Tengah dengan melibatkan 3.000 responden.

Variabel yang diukur adalah brand awareness, market share, satisfaction, serta loyality/future intention.

Selain itu, SHARP juga berhasil meraih penghargaan Indonesia Most Favorite Women Brand 2015 untuk kategori lemari es.

Riset ini dilakukan oleh MarkPlus Insight yang mengupas “Anxieties & Desires” perempuan Indonesia serta brand-brand yang biasa mereka gunakan, dengan metodologi multi-stage random sampling terhadap 5.728 responden perempuan berusia 15-49 tahun dengan SES ABC di 18 kota besar Indonesia (Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Jogja, Solo, Denpasar, Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Banjarmasin, Balikpapan, Pontianak, Makassar, Manado, dan Jayapura), pada bulan Januari sampai dengan Juli 2015.

Untuk melengkapi seluruh pencapaian ini, SHARP juga berhasil meraih The Best Digital Product untuk kategori Smart TV dari Digital Marketing Award 2015, penghargaan yang diberikan oleh Majalah Marketing berdasarkan hasil riset SurveyOne dengan melakukan wawancara kepada 1.250 pengguna produk/servis digital dari SES B hingga A+ di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, dan Makassar.

Survei ini mengukur lima dimensi produk, yaitu reliability, durability, feature, design, dan easy-to-get.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Choirul Anam
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper