Ponsel Pintar Berlayar Besar Semakin Diterima

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 30 September 2015 | 18:45 WIB
Peluncuran Sony Xperia C5 dan M5/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Peluncuran Sony Xperia C5 dan M5/Bisnis.com-Duwi Setiya Ariyanti
Bagikan
 

Bisnis.com, JAKARTA- Melihat kembali tren ponsel pintar memang menarik. Terutama, soal ukuran layar yang semakin besar. Kenyataannya, ponsel pintar yang
memiliki layar besar semakin diminati.

Berbeda dengan dua atau tiga tahun lalu, layar ponsel berukuran besar justru tak lagi dipandang sebelah mata. Bila melihat ke belakang yaitu tren di dua atau
tiga tahun sebelumnya ponsel dengan layar berukuran 5 inchi dianggap terlalu besar.

Faktanya, bersamaan dengan ponsel-ponsel canggih istilah phablet yang menggabungkan fungsi tablet dan ponsel juga muncul. Tetap berada dalam persaingan, ponsel pintar yang tak mengeluarkan varian produk demikian juga bertahan dengan ponsel yang lebih besar.

Menurut Head of Marketing Sony Mobile Communications Indonesia Ika Paramita tren sudah bergeser. Oleh karena itu, pihaknya juga mengeluarkan ponsel dengan ukuran layar besar yaitu 6 inchi.

Dia menganggap penerimaan ini bertolak dari perpindahan media untuk menikmati hiburan dalam genggaman. Konsumen saat ini, katanya, menginginkan produk yang lengkap dari fiturnya dan bisa memuaskan kebutuhan meski desainnya tetap keren.

"Karena konsumsi media ada di smartphone, layar besar semakin diterima konsumen. Makanya kita keluarkan yang 6 inchi di C5 Ultra," ujarnya dalam jumpa pers di Hotel Century, Rabu (30/9/2015).

Layar besar tak akan memberi kepuasan maksimal bila tak dilengkapi dengan kemampuan menyajikan gambar beresolusi tinggi. Alhasil, melalui anggota keluarga baru dari Sony yaitu Xperia C5 ponsel bisa merekam video 4K. Kualitasnya, ujarnya, mewarisi kemampuan Sony TV Bravia dengan fitur Engine 2 yang membuat
gambar begitu detail. Ponsel lain yang memiliki fitur hampir sama yaitu Xperia M5 dengan layar 5 Inchi.

Di Eropa, teknologi seperti ini memang telah lebih dulu diterima. Namun, dia menganggap hal serupa akan sampai di Asia dan Indonesia.

"Kualitas gambar 4K itu kasih pengalaman baru saat merekam dan melihat video," katanya.

Kendati muncul dengan layar yang besar, pada Xperia C5 dilengkapi fitur one hand operation. Caranya, dengan menggeser ke arah kiri bawah. Meski layarnya besar, fitur ini bisa dioperasikan dengan satu genggaman saja. Tampilannya pun keren karena tak ada sekat di bagian sisinya dengan 0,8 mm bezel.

"Di C5 ada one hand operation yang bisa bikin kita bisa tetap mengetik pakai satu tangan," katanya.

Xperia C5 Ultra memiliki kamera 13 megapiksel di bagian depan dan belakangnya. Lengkap dengan flash dan aplikasi yang bisa memberikan filter pada setiap foto. Ditambah, flash di kamera depan bisa diatur demi mendapat hasil terbaik.

Bekal lainnya yaitu RAM 2 gigabyte, microSD hingga 200 gigabyte,prosesor octa-core 1,7 GHz, 4G-LTE, sistem operasi Android 5,0 Lollipop dan pengisian baterai hingga 80% selama 45 menit.

Sedangkan, Xperia M5 dengan kamera belakang berkapasitas 21,5 megapiksel dan 13 megapiksel di depan. Lalu, RAM 3 gigabyte, microSD hingga 200 gigabyte,
prosesor octa-core 2,0 GHz, 4G-LTE, sistem operasi Android 5,0 Lollipop dan pengisian baterai hingga 80% selama 45 menit.

Dengan fitur superior pada kamera, desain stylish dan anti-air, harganya Rp4,749 juta untuk Xperia C5 Ultra serta Rp5,999 juta untuk M5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper