Kerja Sama Teknologi Roket & Penerbangan RI-Jepang Diharapkan Terealisasi

Ropesta Sitorus
Minggu, 6 September 2015 | 23:58 WIB
Dubes Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra/Ilustrasi
Dubes Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Kerja sama Indonesia dan Jepang dalam bidang pengembangan teknologi roket dan industri penerbangan diharapkan bisa menjadi sebuah kenyataan.

Duta Besar Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra menyatakan dia menaruh harapan besar akan terwujudnya gagasan tersebut. Hal ini disampaikannya usai memenuhi undangan ke fasilitas pengembangan roket dan regional jet Mitsubishi Heavy Industries, Kamis (4/9/2015).

“Indonesia memiliki PT DI dan juga LAPAN, sehingga kita memang mempunyai basis untuk bidang itu serta berpeluang untuk melakukan kerja sama di bidang tersebut,” ujarnya seusai  berkunjung ke kota Nagoya, seperti dikutip  dari situs resmi Kemlu, Minggu (6/9/2015).

Dia berujar Negeri Sakura itu mengirimkan undangan ke KBRI Tokyo untuk mengunjungi fasilitas industrinya lantaran sudah optimistis dengan basis Indonesia di kedua bidang tersebut.

Dalam pengembangan teknologi roket, Jepang termasuk negara dengan tingkat teknologi yang mumpuni. Roket dengan bahan bakar hidrogen cair dan oksigen cair yang ditinjau Yusron, adalah salah satu roket baru Jepang yang siap diluncurkan beberapa bulan mendatang.

Saat ini Jepang juga masih mempersiapkan roket untuk mengirim pesawat ke bulan yang rencananya akan diluncurkan pada 2020.

Mitsubishi Regional Jet, pesawat penumpang yang dikembangkan oleh Mitsubishi Heavy Industries, sedang bersiap dikirimkan ke Amerika Serikat untuk uji coba, sekaligus untuk memperoleh izin kelaikan terbang.

Sekalipun izin tersebut belum di tangan, perusahaan tersebut kini telah menerima pesanan sekitar lima ratus buah pesawat. Seratus di antaranya adalah pesanan Amerika Serikat.

Melihat besarnya potensi yang ada dan juga mengingat fasilitas yang dimiliki Indonesia, di PT DI misalnya, Yusron menilai bahwa kerja sama RI-Jepang dalam bidang ini akan dapat membuat PT DI menggeliat kembali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Ropesta Sitorus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper