Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LAYANAN 4G LTE: Tahun Ini Telkomsel Targetkan 7 Wilayah

PT Telekomunikasi Selular menargetkan layanan 4G Long Term Evolution dengan pita 1.800 MHz dapat diterapkan minimal di tujuh wilayah di Indonesia hingga akhir 2015.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 30 Juni 2015  |  15:50 WIB
LAYANAN 4G LTE: Tahun Ini Telkomsel Targetkan 7 Wilayah
Ilustrasi - kampusit
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG—PT Telekomunikasi Selular menargetkan layanan 4G Long Term Evolution dengan pita 1.800 MHz dapat diterapkan minimal di tujuh wilayah di Indonesia hingga akhir 2015.

Direktur Utama Telkomsel Ririek Andriansyah mengungkapkan penataan dan pemindahan layanan 4G LTE dari pita 900 MHz tersebut akan dilakukan secara bertahap hingga akhir 2015.

Hingga saat ini, jelasnya, baru ada di lima wilayah, yakni Jakarta, Bandung, Surabaya, Bali dan Medan, yang telah menyediakan layanan 4G LTE dengan pita 900 MHz.

Pada pekan depan, kata Ririek, pihaknya akan meluncurkan layanan serupa di Makassar. “Satu kota lainnya pada 6 Juli kita tambah, yakni di Makassar yang juga masih 900 MHz. Di luar itu belum,” ungkapnya kepada Bisnis seusai kegiatan Roadshow Ramadan, Senin (29/6) malam.

Ririek menuturkan pada semester II/2015 pihaknya akan melakukan pemindahan layanan ke pita 1.800 MHz di seluruh wilayah yang telah memanfaatkan 4G LTE. Karena itu, dia memperkirakan hingga akhir tahun ini layanan anyar tersebut dapat diterapkan minimal di tujuh wilayah.

Di samping enam wilayah yang sudah disebutkan, dia mengatakan satu wilayah lain yang akan disasar untuk penerapan teknologi tersebut adalah Manado. Menurutnya, pertumbuhan kebutuhan di kota besar seperti itu sudah cukup bagi penyediaan layanan 4G LTE.

"Nanti akan bertahap kita berpindah ke 1.800 MHz, sampai akhir 2015 minimal tujuh wilayah, plus Manado," ujarnya.

Meskipun begitu, Ririek mengatakan potensi cakupan wilayah pada paruh kedua tahun ini bisa melebih target. Untuk itu, anak usaha PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (Telkom) itu masih akan melihat perkembangan kebutuhan yang ada di sejumlah wilayah di Indonesia.

Pasalnya, sambung Ririek, hingga saat ini handset yang memadai bagi layanan 4G LTE masih terbatas. Dia memperkirakan perangkat yang dapat menggunakan layanan termutakhir itu hanya mencapai kisaran 2 juta unit dan terpusat di kota-kota besar.

Apalagi, perangkat tersebut rata-rata masih dibanderol harga yang cukup tinggi.

"Minggu depan Makassar, setelah itu kita akan tambah terus tapi melihat kesiapan pasar. Kami menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat," kata Ririek.

Sebelumnya diberitakan, Telkomsel akan menyiapkan hingga 500 stasiun pemancar dan penerima 4G LTE berbasis pita 1.800 MHz untuk 2015. Sementara itu, BTS 4G LTE pita 900 MHz yang telah digelar di lima kota sebanyak 1.000 unit.

Sementara itu, terkait penerapan teknologi 4G LTE di wilayah Semarang, Ririek menuturkan kebutuhan pasar di wilayah tersebut belum memungkinkan. “Semarang tunggu waktunya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel 4g 4g lte
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top