Juni, Telkomsel Luncurkan 4G LTE di Makassar

Wiwiek Dwi Endah
Selasa, 26 Mei 2015 | 14:15 WIB
Menurutnya, perkembangan penataan frekuensi yang dilakukan saat ini sudah mencapai 25%. /Bisnis.com
Menurutnya, perkembangan penataan frekuensi yang dilakukan saat ini sudah mencapai 25%. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Telkomsel area Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan berencana meluncurkan layanan 4G Long Term Evolution, khususnya di kota Makassar pada sekitar Juni nanti.

Vice President ICT Network Management Area Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan (Pamasuka), Ali Imran mengatakan saat ini pihaknya bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah melakukan penataan frekuensi di 1.800 Mhz.

"Penataan frekuensi sudah kami lakukan dan berawal dari wilayah timur. Tadi malam (Senin malam, 25 Mei) di wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Utara (Kaltara). Mudah-mudahan Juni nanti sudah bisa diluncurkan di Makassar," kata Ali di sela-sela Perayaan Ulang Tahun Telkomsel ke-20, Selasa (26/5/2015).

Menurutnya, perkembangan penataan frekuensi yang dilakukan saat ini sudah mencapai 25%. Khusus di wilayah Papua dan Maluku kata dia, penataan tersebut sudah rampung dikerjakan, menyusul wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Dia juga mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah meluncurkan layanan 4G LTE di beberapa kota di Indonesia, tetapi baru di frekuensi 900 Mhz. Dengan layanan baru ini, pihaknya berharap bisa menjaring lebih banyak lagi pelanggan, khususnya dari Kota Daeng.

"Kami juga berharap, dengan layanan 4G LTE nanti, Telkomsel semakin dicintai pelanggan. Apalagi, kami bertekad menjadi raja di laut, darat dan udara," ujarnya.

Dia mengemukakan, dengan layanan 4G LTE, pihaknya pun berharap bisa meraup pertumbuhan double digit secara nasional, baik dari sisi revenue, EBITDA maupun net income pada akhir tahun nanti, tentunya melalui pertumbuhan jumlah pelanggan terkhusus pelanggan data.

Saat ini total pelanggan di area Pamasuka menuju ke angka 34 juta pelanggan, di mana 50% di antaranya adalah pelanggan data. Dari total pelanggan tersebut, sekitar 4,5 juta merupakan pelanggan di kota Makassar, yang 50% di antaranya juga adalah pelanggan data.

Selain berharap pertumbuhan kinerja, dengan layanan 4G LTE pihaknya berharap dapat mencakup kenaikan trafik baik dari segi data, voice maupun SMS, yang kerap terjadi jelang libur Lebaran Idulfitri dengan persentase kenaikan moderat di angka 30% setiap tahun.

"Kami berharap, dengan kehadiran 4G LTE sebelum Lebaran nanti, khususnya di kota Makassar, bisa mengantisipasi lonjakan traffic yang setiap tahun selalu terjadi," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Wiwiek Dwi Endah
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper