Inilah Spesifikasi Lumia 640 Terbaru

Agnes Savithri
Minggu, 10 Mei 2015 | 21:31 WIB
Microsoft Lumia 640 XL LTE/Ilustrasi-www.microsoft.com
Microsoft Lumia 640 XL LTE/Ilustrasi-www.microsoft.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Pada pertengahan 2014 lalu Microsoft secara resmi telah mengakusisi unit bisnis perangkat dan layanan Nokia senilai US$5 Miliar. Sedangkan untuk lisensi paten nama Nokia, pihak Microsoft merogoh kocek sebesar US$2,2 Miliar. Total dana US$7,2 Miliar telah mengubah nama perusahaan Nokia menjadi Microsoft Mobile.

Walaupun belum genap satu tahun dari proses akuisisi, perusahaan ini  sudah gencar mengeluarkan produk smartphone terbaru berbasis windows. Beberapa di antaranya adalah Lumia 640 LTE dan Lumia 640 XL yang baru diluncurkan pekan ini.

Kedua jajaran Microsoft Lumia terbaru ini akan menawarkan komputasi yang lebih personal dan peningkatan produktivitas melalui integrasi dengan layanan Microsoft Office dan OneDrive.

“Pertumbuhan teknologi mobile dan tuntutan persaingan ekonomi global mendorong pemanfaatan perangkat mobile tidak sekadar untuk gaya hidup namun menjadi kebutuhan profesional,” ujar William Hamilton-Whyte, President Direktur Microsoft Devices Indonesia.

Dua perangkat yang baru diluncurkan ini dilengkapi dengan paket satu tahun berlangganan Office365 Personal. Aplikasi ini merupakan aplikasi terbaru dari Office yang dapat diakses melalui PC Dekstop, Mac atau perangkat mobile lainnya berbasis Windows, iOS, dan Android. Layanan office ini sudah termasuk penyimpanan cloud storage OneDrive dengan kapasitas 1TB. Penyimpanan cloud storage ini diklaim akan mempermudah pekerjaan Anda ketika sedang berpergian.

Selain aplikasi Office, dua ponsel ini akan dilengkapi prosesor quad-core Qualcomm Snapdragon dengan kapasitas RAM sebesar 1 GB. Sedangkan untuk operating system akan dijalankan oleh Windows Phone 8.1 dengan Lumia Denim.

Dari segi konektivitas, kedua perangkat ini memiliki perbedaan. Seperti namanya, Lumia 640 LTE sudah mensupport konektifitas 4G LTE yang saat ini sedang ramai diperbincangkan. Tipe ini merupakan ponsel ketujuh Lumia yang telah mensupport jaringan 4G LTE. Sayangnya, pemanfaatannya belum dapat maksimal terganjal dengan jaringan 4G yang masih diatur oleh operator. Sedangkan untuk Lumia 640 XL hanya mensupport jaringan 3G dengan dual SIM.

Dari segi layar, keduanya pun memiliki perbedaan. Lumia 640 LTE memiliki HD display berukuran 5 inch sedangkan pasangannya Lumia 640 XL memiliki layar yang lebih besar yakni 5,7 inch. Keduanya telah dilengkapi teknologi ClearBlack Display dengan Corning Gorilla Glass 3.

Urusan kamera pun, keduanya memiliki perbedaan. Jika Lumia 640 LTE unggul dari segi konektifitas, Lumia 640 XL memiliki kelebihan dari segi kamera. Ponsel pintar ini dilengkapi dengan kamera belakang 13MP ZEISS optic dan LED Flash.

Teknologi ini diklaim memungkinkan pengguna menggambil foto yang kaya akan detail bahkan dalam keadaan cahaya yang minim. Kamera depannya pun tak kalah besar yakni 5MP dengan wide angle.  Sedangkan “adiknya” memiliki kamera belakang 8MP dan kamera depan 1MP.

Kedua ponsel ini sudah hadir di Indonesia. Lumia 640 XL sudah tersedia 4 Mei 2015 di toko retail dengan harga Rp2.999.000 dengan pilihan warna orange, glossy white dan matte hitam. Sedangkan Lumia 640 LTE hanya akan dipasarkan melalui online store mulai 8 Mei 2015 dengan harga promo Rp1.849.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper