Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Ajak Mahasiswa Kawasan Timur Jadi Pemimpin Global

PT XL Axiata Tbk (XL) memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, untuk berkompetisi mendapatkan pendidikan kepemimpinan dengan kurikulum khusus.
M. Sofi’I
M. Sofi’I - Bisnis.com 30 April 2015  |  14:12 WIB
PT XL Axiata Tbk (XL) memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, untuk berkompetisi mendapatkan pendidikan kepemimpinan dengan kurikulum khusus. - JIBI
PT XL Axiata Tbk (XL) memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, untuk berkompetisi mendapatkan pendidikan kepemimpinan dengan kurikulum khusus. - JIBI
Bisnis.com, MALANG - PT XL Axiata Tbk (XL) memberikan kesempatan kepada mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, untuk berkompetisi mendapatkan pendidikan kepemimpinan dengan kurikulum khusus.
Director&Chief Service Management XL, Ongki Kurniawan, mengatakan kesempatan menjadi pemimpin tersebut disosialisasikan XL kepada ratusan mahasiswa UB.
"Kurikulum khusus tersebut berorientasi pada pembentukan karakter pemimpin global di masa depan," kata Ongki di sosialisasi Program XL Future Leaders di Aula Gedung A Fakultas Ilmu Administrasi UB Malang, Kamis (30/4/2015).
Menurutnya pada tahun ini  XL akan memberikan kuota khusus bagi mahasiswa dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) untuk bisa menerima manfaat dari Program XL Future Leaders.
Selain itu XL juga memberikan kuota khusus sebesar 20% dari total 145 mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu secara ekonomi.
"XL kembali ke Malang melakukan sosialisasi karena kami yakin masih banyak anak-anak muda di Malang, termasuk pelosok yang mempunyai potensi besar menjadi pemimpin masa depan," jelas dia.
Program Future Leaders  tersebut diikuti mahasiswa dari seluruh Indonesia yang berusia 18-21 tahun dengan IPK 2,8.
Nantinya akan diambil 145 mahasiswa yang memenuhi syarat atau lolos seleksi administrasi, tulis dan wawancara.
"XL Future Leaders mengajarkan tiga kompetensi utama yakni komunikasi efektif, managemen perubahan dan jiwa kewirausahaan," ujarnya.
Ketiga hal itu merupakan keahlian utama atau life skills yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin untuk mencapai level global.
Metode belajar yang diterapkan berupa perpaduan antara kelas tatap muka sebanyak lima kali dalam setahun, belajar dengan memanfaatkan program-program berbasis teknologi informasi komunikasi serta aktivitas sosial lapangan.
"Sejak diluncurkan pada 2012 program ini telah merekrut sekitar 400 peserta mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia,"  tambah dia.
Kebijakan mengenai kuota khusus bagi mahasiswa putra daerah di KTI dan dari kalangan ekonomi kurang mampu merupakan salah satu bentuk komitmen XL untuk mendukung pemerintah dalam memperluas pemerataan kesempatan mendapatkan program-program pendidikan.
Dengan begitu akan semakin luas kesempatan yang bisa didapatkan mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengikuti XL Future Leaders.
"Tujuan jangka panjang XL Future Leaders dalam 10 tahun adalah mencetak 7.500 generasi muda calon pemimpin," urainya.
Salah satu peserta XL Future Leaders angkatan ketiga asal UB Malang jurusan Fakultas Ilmu Administrasi, Syafiqar Nabil, mengatakan banyak mendapatkan manfaat dari program tersebut.
"Sebelum bergabung di XL Future Leaders pengetahua saya mengenai kepemimpinan cukup terbatas. Program ini mengajarkan banyak hal terkait
kepemimpinan termasuk sejumlah keahlian serta visi pemikiran," sebut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top