Pemerintah Siapkan Roadmap Ecommerce

Muhammad Avisena
Senin, 20 April 2015 | 19:26 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara/kominfo.go.id
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara/kominfo.go.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan transaksi melalui ecommerce di Indonesia pada tahun lalu meningkat cukup pesat hingga 50% dari tahun sebelumnya. Sementara itu pemerintah sedang mempersiapkan peraturan yang holistik untuk sektor tersebut.

Selama ini kendala yang dihadapi Indonesia dalam perkembangan ecommerce adalah biaya yang tinggi dari sektor logistik dan metode pembayaran yang harus diperbaiki.

Terkait penerapan pajak, menurutnya, industri ecommerce memang belum memiliki pajak khusus Karena memang merupakan industri yang masih muda. Selain itu, sektor ecommerce pun masih dalam kategori negative investasi di Indonesai.

“Kami sedang membahas hal ini, banyak kementerian yang terlibat dalam rangka menyiapkan roadmap tersebut. Dengan membentuk ini ini harapannya akan menarik investor dan para programmer Indonesia yang bekerja di luar.”

Dalam pertemuan World Economic Forum East Asia yang diadakan di Jakarta 20 - 21 April 2015, diprediksi bahwa penggunaan teknologi, khususnya software, mobile, dan ecommerce akan mengubah wajah bisnis di dunia pada masa yang akan datang. Sementara itu, pasar Asia menjadi sangat menarik bagi para produsen dunia karena penggunaan media social yang sangat tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Muhammad Avisena
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper