Kemkominfo Bagi-bagi 10 Mobil Informasi Publik

Samdysara Saragih
Senin, 19 Januari 2015 | 12:27 WIB
Kemenkominfo mengadakan 10 mobil M-Pustika yang memakan biaya Rp3,25 miliar dan diambil dari angaran Kominfo 2014.
Kemenkominfo mengadakan 10 mobil M-Pustika yang memakan biaya Rp3,25 miliar dan diambil dari angaran Kominfo 2014.
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta -  Kementerian Komunikasi dan Informatika kembali menyerahkan bantuan hibah kendaraan Mobile Pusat Teknologi Informasi Komunitas (M-Pustika) kepada pemerintahan daerah di Indonesia.

Kali ini bantuan diberikan kepada satu pemerintahan provinsi yaitu Papua dan sisanya sembilan pemerintahan kabupaten. Kesembilan kabupaten itu adalah Merauke, Mandailing Natal, Seram Bagian Barat, Kapuas. Selanjutnya Kotabaru, Pohuwato, Kutai Kartanegara, Mesuji, dan Belu.

Menkominfo Rudiantara mengatakan bantuan tersebut merupakan salah satu program pemerintah pusat untuk membantu infrastruktur informasi dan komunikasi di daerah-daerah yang masih belum memadai.

“Kami memang belum bisa berikan untuk seluruh Indonesia, tapi tiap tahun Kemkominfo akan terus berupaya meningkatkannya,” katanya di Jakarta, Senin (19/1/2015) pagi.

Kendaraan M-Pustika atau disebut juga Kendaraan Penyuluhan Informasi Publik diharapkan dapat memperlancar diseminasi informasi publik sehingga tercipta simpul-simpul komunikasi secara nasional.

Mobil M-Pustika dilengkapi dengan peralatan gengset sebagai sumber listrik untuk layar LCD, proyektor, televisi plasma, komputer pribadi, modem. Selain itu ada juga printer, pemutar DVD, kamera digital, dan peralatan darurat P3K serta pemadam api.

Pengadaan 10 mobil memakan biaya Rp3,25 miliar dan diambil dari angaran Kominfo 2014. Program ini telah berjalan sejak 2005 dengan bantuan total yang telah diserahkan mencapai 118 unit roda kendaraan roda dua dan empat.

Bupati Kapuas Ben Brahim S. Bahat yang hadir dalam penyerahan M-Pustika mengatakan program tersebut akan memperluas akses pemerintah untuk menjangkau masyarakat dalam memberikan informasi. Dia pun berharap agar program serupa dapat terus dilanjutkan.

“Program ini sangat berharga bagi daerah kami yang masih terisolasi,” ujarnya.

Rudiantara berjanji program serupa akan terus berlanjut. Kemkominfo, kata dia, juga akan terus mengevaluasi efektivitas penggunaan kendaraan tersebut di daerah.

“Cara eveluasinya kan gampang. Masyarakat bisa langsung lapor,” kata mantan Komisaris PT Indosat Tbk ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper