XL & Telkomsel Bersiap Hadapi Lonjakan Trafik

Sanjey Maltya
Selasa, 23 Desember 2014 | 17:07 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Operator telekomunikasi seluler lapis satu PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengestimasi trafik layanan data saat Natal dan Tahun Baru (NARU) naik 15%-20% dari rata-rata trafik normal harian. Untuk itu, perseroan melakukan peningkatan kapasitas trafik di beberapa titik krusial.

Direktur Service Management sekaligus Direktur Independen XL Axiata mengatakan untuk menyambut NARU, perseroaan telah menaikkan kapasitas kapasitas jaringan hingga dua kali lipat.

"Kami memperkirakan sepankang NARU, trafik layanan panggilan suara akan naik 5%, layanan pesan singkat naik 10% dan layanan data diprediksi naik hingga 15%-20%," ujarnya Selasa (23/12).

Dia menjelaskan selain menyiapkan armada mobile BTS untuk beberapa titik krusial seperti pusat perbelanjaan, lokasi rekreasi, pelabuhan dan bandara, perseroan memang telah mengadopsi teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk jaringan 3G nasional.

"Dengan sistem pool ini, jaringan akan terlindung dari lonjakan trafik terpusat di satu titik tertentu, karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik."

Peningkatan kapasitas jaringan sekaligus penempatan mobile BTS akab dilakukan di beberapa titik antara lain; Night Market Festival di Surabaya, kawasan Dago Bandung, Pelabuhan Merak, serta Pantai Kuta dan Bandara Ngurah Rai Bali.

Hal yang sama juga diimplementasikan di Medan yakni di Bandara Kuala Namu serta di Jabodetabek, yakni di kawasan Monas, Ancol, Ragunan, dan Puncak Bogor.

Sementara itu, persiapan lonjakan trafik XL Axiata juga telah disiapkan di wilayah yang mayoritas masyarakatnya merayakan Natal khususnya Medan, Pematang Siantar, Simalungun dan Toba Samosir serta Sulawesi khususnya Tomohon, Manado, serta beberapa kota di Papua.

Perseroan optimistis tidak akan mengalami gangguan jaringan dalam melayani 58,3 juta pelanggannya mengingat adanya infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 kilometer yang menghubungkan hampir semua pulau di Indonesia, di samping mendaya-guna 49.000 base transceiver station (BTS) yang tersebar di Indonesia.

Operator lain, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) juga memprediksi trafik layanan data saat NARU naik 25,99% menjadi 1,100 terabyte dari rata-rata trafik harian normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sanjey Maltya
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper