XL & Indosat Segera Komersialisasi 4G-LTE

Sanjey Maltya
Senin, 15 Desember 2014 | 19:32 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Dua operator telekomunikasi lapis satu PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) akan meluncurkan layanan komersial seluler generasi keempat 4G dengan adopsi adaptasi evolusi jangka panjang LTE, pekan ini.

Presiden Direktur Indosat Alexander Rusli menyatakan perseroan telah menggenggam sertifikasi uji laik operasi (ULO) beserta izin komersialisasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo).

"Kami akan launch pekan ini, tinggal cari hari baiknya saja," ujarnya yang ditemui Bisnis, Senin (15/12).

Alexander mengakui, perseroan tak lagi bersemangat dalam penggelaran layanan komerserial 4G-LTE mengingat kecepatan yang diraih tak lebih dari layanan seluler generasi ketiga 3G.

"Yang optimal adalah melalui frekuensi 1.800 MHz. Mudah-mudahan janji konversi frekuensi tersebut ke teknologi netral benar terlaksana Januari 2015," jelasnya.

Meski demikian, Alexander mengapresiasi rencana konversi frekuensi 700 MHz. "Namun perlu diingat semakin rendah frekuensinya, tenaga yang dibutuhkan handset akan semakin besar. Sehingga boros baterai."

Operator lapis satu lain XL Axiata juga mengakui perseroan telah mendapatkan sertifikasi ULO sekaligus izin komersialisasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sanjey Maltya
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper