LAYANAN 4G-LTE: Telkomsel Salip Dua Operator Lain

Sanjey Maltya
Senin, 8 Desember 2014 | 17:44 WIB
Seorang melintas di depan logo Telkomsel. /
Seorang melintas di depan logo Telkomsel. /
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) menyalip dua operator lapis satu lain yakni PT Indosat Tbk (ISAT) dan PT XL Axiata Tbk (EXCL) terkait komersialisasi layanan seluler generasi keempat 4G-LTE.

Padahal, sebelumnya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan akan memberikan izin komersialisasi secara seragam.

Menkominfo Rudiantara menjelaskan makna diseragamkan yang dimaksud bukan berarti secara serempak.

"Kalau serempak akan menghilangkan kompetisi bisnis. Pemberian izin sebenarnya tergantung masing-masing operator. Kalau tidak ada sustainability buat apa diberi izin komersial?" ujarnya, Senin (8/12/2014).

Presiden Direktur Telkomsel Alex Janangkih Sinaga menyatakan layanan 4G-LTE digelar pada frekuensi 900 MHz dengan lebar spektrum 5 MHz. "Utilisasi layanan ini mencapai kecepatan sekitar 36 Mbps [megabyte per second]," jelasnya Senin (8/12/2014).

Dia menjelaskan layanan 4G-LTE perseroan sudah tersedia di dua provinsi yakni Jakarta dan Bali dengan kapasitas sekitar 200 BTS (base transceiver station).

Menurutnya, Telkomsel saat ini tengah melakukan transformasi digitalisasi dengan membangun ekosistem berbasis DNA alias device, network, dan application.

Sementara itu, Presiden Direktur Indosat Alexander Rusli mengakui akan menggelar komersialisasi layanan serupa pekan depan. "Kami ULO [uji laik operasi] Kamis [11/12]," ujarnya kepada Bisnis, Senin.

Meski demikian, dia menjelaskan kecepatan layanan tersebut tidak akan lebih dari layanan seluler generasi ketiga 3G mengingat lebar pita spektrum yang dipergunakan hanya 5 MHz, yakni sekitar 30-an mbps.

Presiden Direktur XL Axiata Hasnul Suhaimi menyatakan perseroan tengah mempersiapkan jaringan LTE dan menunggu izin komersialisasi dari Kemkominfo.

"Kalau memang sudah boleh, kami akan launch juga. Mudah-mudahan ide serempak memang benar terlaksana, karena gemanya akan lebih terasa," ujarnya kepada Bisnis, Senin.

Seingat Hasnul, salah seorang anggota BRTI mengarahkan komersialisasi layanan 4G-LTE sebaiknya dilakukan serempak. "Namun jika izin komersialisasi kami keluar minggu, layanan 4G-LTE akan diluncurkan minggu depan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sanjey Maltya
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper