Jangan Lewatkan Gerhana Bulan Total 8 Oktober

Herdiyan
Kamis, 25 September 2014 | 12:46 WIB
Ilustrasi/Bisniscom
Ilustrasi/Bisniscom
Bagikan

Bisnis.com, MANADO - Pada 8 Oktober 2014, kita akan mengalami salah satu bukti kekuasaan Sang Maha Pencipta, gerhana bulan total.

Berdasarkan penjelasan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gerhana ini dapat diamati dari Amerika, Samudra Pasifik, Australia dan Asia (kecuali Asia Barat).

Peristiwa langka ini dapat diamati dari wilayah Indonesia. Pengamat di Papua dan sebagian besar Maluku bagian timur akan mendapati bulan sedang berada dalam fase gerhana bulan Penumbra pada saat bulan terbit. Selanjutnya, pengamat di daerah ini akan mengamati gerhana hingga selesai.

Sementara itu pengamat di Maluku bagian barat, Sulawesi, Nusa Tenggara, sebagian besar wilayah Kalimantan bagian timur, dan Jawa bagian timur akan mendapati bulan berada dalam fase gerhana bulan sebagian dan untuk selanjutnya akan mengamati gerhana hingga selesai.

Adapun pengamat di sebagian besar Jawa bagian barat, sebagian kecil Kalimantan bagian barat dan Sumatra akan mengamati bulan sedang dalam proses gerhana total saat bulan terbit. Pengamat di daerah ini akan mengamati juga fase-fase berikutnya dari gerhana ini.

Hanya sebagian kecil saja di bagian barat Sumatra yang mendapati bulan dalam fase gerhana bulan total sudah berakhir saat bulan terbit.

Gerhana bulan merupakan peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Herdiyan
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper