MIGRASI USAHA: Sebagian Besar Warnet Beralih ke Game Online

News Editor
Minggu, 24 Agustus 2014 | 11:27 WIB
Serial Game Online/Bisnis
Serial Game Online/Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG-- Lebih separuh pelaku usaha warung internet (warnet) beralih ke "game online" atau gamenet setelah peningkatan kecenderungan permainan internet itu dalam beberapa tahun terakhir.


"Trend gamenet terus berkembang dalam beberapa tahun terakhir ini, imbasnya separuh lebih warung internet beralih ke game online,"  ujar AMD International Sales Services Ltd Frankie Widjaya di Bandung, Minggu (23/8/2014)

Ia menyatakan keputusan "migrasi" dari warnet ke game online juga dipicu oleh kian derasnya akses internet melalui smartphone, yang membuat pengguna internet tidak perlu lagi datang ke warnet.

Di sisi lain teknologi program game online yang meningkat, juga menjadi salah satu peluang pasar bagi game online untuk tetap mempertahankan konsumennya.

"Game online memang sudah bisa di smartphone, tapi di perangkat PC jauh lebih komplit dan ada kelebihannya. Pasar game online ke depan diprediksi masih akan tumbuh dan kami sebagai produsen CPU dan GPU menyediakan kebutuhan pasar dengan biaya operasional yang lebih hemat," kata Fankie.

AMD sebagai produsen procesor tetap menjaga pasarnya, salah satunya dengan menggelar edukasi kepada pemilik dan pengelola warnet dan game online di sejumlah kota di Indonesia.

"Salah satunya teknologi APU yang menggabungkan processor CPU dan GPU, dengan satu mesin lebih efektif dan irit biaya operasional dengan peningkatan kualitas grafis 75%," katanya.

Lebih lanjut Frankie mengatatkan edukasi bagi pelaku usaha warnet dilakukan selain dari sisi teknis juga pemasaran dan pengembangan trend bisnis itu ke depan.

"Kami lakukan edukasi bagaimana agar mereka tetap menjalankan usahanya secara baik dan juga ikut aktif melakukan edukasi internet sehat bagi para konsumennya," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper