Telkomsel Paling Responsif di Media Sosial

Samdysara Saragih
Rabu, 13 Agustus 2014 | 09:11 WIB
Akun di Facebook dan Twitter merupakan sebagian dari costumer care Telkomsel selain call center, sms, dan online. /Bisnis.com
Akun di Facebook dan Twitter merupakan sebagian dari costumer care Telkomsel selain call center, sms, dan online. /Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) dinobatkan sebagai perusahaan yang paling responsif dalam menjawab pertanyaan dan keluhan penggunanya di akun media sosial.

Berdasarkan analisa dari Socialbakers, penyedia layanan analisa media sosial, Telkomsel menjadi jawara global alias posisi pertama di Twitter dan peringkat ketujuh di Facebook.

Operator terbesar di Indonesia ini dianggap sigap menjawab pertanyaan dengan waktu rata-rata 6 menit. Pada tahun ini, total pertanyaan di Twitter yang direspons sebanyak 24.333 pertanyaan, sementara itu di Facebook ada 6.610 pertanyaan.

Denny Abidin, GM External Communications Telkomsel, mengatakan pihaknya memang menaruh perhatian besar terhadap media sosial sebagai salah satu platfrom menampung pertanyaan dan keluhan konsumen.

“Akun di Facebook dan Twitter merupakan sebagian dari costumer care Telkomsel selain call center, sms, dan online,” katanya kepada Bisnis.com, kemarin (12/8/2014).

Menurut Denny, anak muda merupakan kelompok yang paling sering menyampaikan pertanyaan dan keluhan di media sosial. “Selain penggunaan data lebih didominasi kaum muda, mereka juga lebih nyaman menggunakannya.”

Di media sosial, konsumen Telkomsel banyak yang bertanya soal keberadaan dan kualitas jaringan, serta layanan baru dari anak usaha Telkom ini.

Denny menilai manfaat terbesar dari cepatnya respon yang diberikan pihaknya adalah meningkatkan reputasi merek. “Pelanggan tidak lagi menganggap Telkomsel hanya bicara soal sales dan akuisisi saja, tapi juga memperhatikan konsumen,” ujarnya.

Di Asia Pasifik, Socialbakers mencatat sektor telekomunikasi menduduki peringkat teratas dalam daftar perusahaan paling disuka dan disetiai (socially devoted) dengan persentase 29,9%.

Sektor penerbangan menduduki peringkat kedua sebesar 25%, sedangkan keuangan dan ritel masing-masing disukai  17,74% dan 11,36% pengguna media sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper