Peramban Opera Coast untuk Pengguna iPhone Diluncurkan

Samdysara Saragih
Rabu, 14 Mei 2014 | 18:24 WIB
Iphone. Diluncurkan Peramban Opera Coast untuk pengguna di Indonesia/JIBI
Iphone. Diluncurkan Peramban Opera Coast untuk pengguna di Indonesia/JIBI
Bagikan

Bisnis.com, Jakarta—Opera Software, penyedia browser internet, meluncurkan aplikasi peramban Opera Coast untuk iPhone di Indonesia. Opera Coast untuk iPhone diperkenalkan secara global pada 24 April tahun ini. Aplikasi yang didesain untuk sistem operasi iOS tersebut sebelumnya baru tersedia bagi pengguna iPad.

Wuri Rostandy, Key Account Manager Opera untuk Indonesia, mengungkapkan aplikasi Opera Coast memiliki beberapa keunggulan dibandingkan produk Opera Mini yang telah lama hadir. “Tampilannya minimalis, segar, ringkas, dan simple,” ujar Wuri pada acara peluncuran produk, di Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Keunggulan lain Opera Coast, kata Wuri, adalah kemampuan peramban tersebut dalam mendeteksi situs yang mencurigakan. “Jika ada website mencurigakan yang akan dimasuki oleh pengguna, otomatis ada notifikasi sehingga dapat memperingatkan pemakai untuk tidak jadi masuk,” beber Wuri.

Wuri mengatakan Indonesia merupakan pasar yang sangat penting bagi Opera. Pengguna Opera Mini di Indonesia, misalnya, tercatat sebagai yang terbesar kedua di dunia. Oleh karena itu, kata Wuri, pihaknya akan berupaya untuk menjadikan Opera Coast sebagai pemimpin pasar untuk sistem operasi iOS.

Dalam rangka mempromosikan produk tersebut di Indonesia, Opera telah menggandeng tokoh-tokoh yang berpengaruh di masyarakat. Grup band Kotak, pendiri tokobagus.com Arnold Sebastian Egg, dan fotografer Sigit Prasetio serta Tito Rikardo, ditunjuk untuk memperkenalkan produk tersebut ke publik.

“Kami punya alasan tersendiri bekerja sama dengan para influencer tersebut. Mereka berasal dari industri kreatif, dan karya-karya mereka mencerminkan ide dalam Opera Coast,” kata Wuri.

Opera optimistis pasar Indonesia akan menerima produk terbaru tersebut berdasarkan tren di negara lain. Meski baru diluncurkan pada September 2013, ungkap Wuri, Opera Coast berada dalam Top 5 aplikasi yang paling banyak diunduh di Apps Store untuk kawasan Amerika Serikat dan Rusia.

Pada kesempatan yang sama, Manager Communication Opera di Indonesia Agnes Agastia mengatakan pihaknya belum berencana meluncurkan Opera Coast untuk sistem operasi Android. Dia beralasan, pengguna kedua sistem operasi yang bersaing tersebut memiliki karakteristik yang berbeda.

“Para pengguna IPhone dan IPad lebih rileks dibandingkan pemakai smartphone yang berbasis Android,” kata Agnes. Untuk sistem operasi keluaran Google tersebut, pihaknya masih akan mengandalkan Opera Mini.

Para pengguna IPhone yang ingin menggunakan peramban Opera Coast dapat mengunjungi App Store Apple dan mengunduhnya secara gratis.

Opera merupakan merek dagang dari Opera Software ASA, perusahaan perangkat lunak yang didirikan di Oslo, Norwegia. Opera mengklaim memiliki 350 juta pengguna di seluruh dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper