Iklan Apple Sindir Sidang Paten Apple VS Samsung

Lukas Hendra TM
Rabu, 23 April 2014 | 00:27 WIB
Iklan Apple Pada Surat Kabar Inggris/blog.gsmarena.com
Iklan Apple Pada Surat Kabar Inggris/blog.gsmarena.com
Bagikan

Bisnis.com JAKARTA – Perseteruan Apple dan Samsung tanpaknya bakal terus berlanjut setelah Apple merilis iklan di media cetak Inggris saat perayaan Hari Bumi.

Iklan tersebut cukup mengejutkan dengan judul “Ada beberapa ide yang kami ingin semua perusahaan untuk menyalinnya.” Tak hanya itu, iklan tersebut juga berisi dua paragraph yang menyinggung sidang paten dengan perusahaan Samsung.

Paragraf itu berisikan catatan Apple bahwa ada satu area di mana perusahaan mendorong pihak lain untuk meniru, dan meminta inisiatif serupa sebagai upaya untuk melestarikan lingkungan.

Padahal, iklan merupakan salah satu bagian dari kampanye lingkungan yang baik dari Apple yang diluncurkan Senin (21/4/2014) menjelang acara Hari Bumi pada Selasa (22/4/2014).

Iklan tersebut termasuk video tentang upaya ekologis yang dilakukan pada proyek Apple Campus 2 dan perluasan program daur ulang yang mencakup semua produk di toko-tokonya.

Video ini berkaitan dengan pusat data center Apple yang telah menggunakan pembangkit listrik yang berasal dari energi terbarukan, juga produk Apple yang diklaim telah bebas dari racun.

Apple juga akan memperbarui logo toko dengan aksen daun hijau dan mendorong karyawan untuk memakai kemeja hijau untuk peringatan. Perusahaan juga dikabarkan akan mengadakan sebuah acara di kantor pusatnya di Cupertino, California.

Namun, iklan cetak pada surat kabar di Inggris tampaknya ingin mengajak para pelaku usaha teknologi untuk ikut melestarikan lingkungan. Hanya saja, di sisi lain, iklan ini juga merupakan pukulan bagi perang paten yang tengah berlangsung.

Apple dan Samsung saat ini dalam pertempuran hukum kedua mereka atas tuduhan pelanggaran paten, dengan penggugat meminta US$2 miliar pada kerugian yang ditimbulkan. Dalam keterangannya, Samsung mengatakan bahwa pihaknya hanya berutang kepada Apple sebesar US$40 juta. Sidang ini diharapkan dapat menyimpulkan dan dapat dipertimbangan juri pada pekan ini.

Berikut cuplikan iklan itu:

“There are some ideas we want every company to copy”

There's one area where we actually encourage others to imitate us. Because when everyone makes the environment a priority, we all benefit. We'd be more than happy to see every data centre fuelled by 100% renewable energy sources. And we eagerly await the day when every product is made without the harmful toxins we have removed from ours. 

Of course we know we can continue to do better. We've set some pretty ambitious goals for reducing our impact on climate change, making our products with greener materials and conserving our planet's limited resources. So the next time we come across a great idea that can help leave the world better than we found it, we look forward to sharing it.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Lukas Hendra TM
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper