Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Ganti 1.080 RBS Perkuat Jaringan

PT XL Axiata Tbk berhasil menuntaskan proses modernisasi dengan mengganti 1.080 radio base station (RBS) 3G jaringan di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta
Pamuji Tri Nastiti
Pamuji Tri Nastiti - Bisnis.com 16 Desember 2013  |  12:32 WIB
XL Ganti 1.080 RBS Perkuat Jaringan
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG--PT XL Axiata Tbk berhasil menuntaskan proses modernisasi dengan mengganti 1.080 radio base station (RBS) 3G jaringan di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.  

Vice President Project Management Officer XL Agus Simorangkir mengatakan transmisi anyar itu menggunakan teknologi single RAN yang merupakan penggabungan beberapa perangkat RBS sehingga lebih efisien dan efektif. 

"Keunggulannya jelas akses data XL semakin cepat dari 2 bit per second (bps) menjadi 24 bps," ujarnya, Senin (16/12/2013). 

Modernisasi jaringan Jateng-DIY mulai dilaksanakan April lalu terhadap RBS 2G dan 3G. Untuk RBS 2G, XL melakukan modernisasi 750 RBS eksisting sedangkan 3G mengganti 1.080 RBS lama dengan perangkat baru. 

Vice President XL Central Region Nuruddin Al Fithroh menyatakan modernisasi jaringan berperan dalam memperbaiki pengalaman pelanggan, terutama yang mengeluhkan lemahnya jaringan XL.  

"Pascamodernisasi, otomatis jaringan semakin kuat, harapannya akan mendorong penggunaan fasilitas baik data, voice maupun SMS," katanya. 

Di wilayah Central Region, ujar Nuruddin penggunaan jaringan XL khususnya akses data didominasi di area Yogyakarta dan Semarang, selanjutnya disusul Solo dan Kota Tegal. Penguatan diharapkan semakin meningkatkan penggunaan layanan operator biru ini. 

Sementara proyek modernisasi jaringan XL itu menggandeng Ericsson Indonesia sebagai rekan pengembangan teknologinya. 

Head of Customer Operation Ericsson Indonesia Erwin Kurniawan menuturkan pihaknya siap melanjutkan kerja sama penyediaan teknologi jaringan untuk peningkatan layanan XL. 

"Ericsson siap mendukung modernisasi yang dilakukan XL dengan ekpektasi tinggi untuk memberikan exsperience kepada pengguna," ujarnya. 

Menurut Erwin pembaruan teknologi jaringan merupakan langkah strategis untuk memperluas jangkauan layanan telekomunikasi. 

"Kedepan kami siap untuk terus support XL dengan menyediakan teknologi terkini dan moderen baik dari segi desain, penggantian perangkat hingga optimasi jaringan."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata xl
Editor : Linda Teti Silitonga
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top