XL Ganti 1.080 RBS Perkuat Jaringan

Pamuji Tri Nastiti
Senin, 16 Desember 2013 | 12:32 WIB
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG--PT XL Axiata Tbk berhasil menuntaskan proses modernisasi dengan mengganti 1.080 radio base station (RBS) 3G jaringan di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.  

Vice President Project Management Officer XL Agus Simorangkir mengatakan transmisi anyar itu menggunakan teknologi single RAN yang merupakan penggabungan beberapa perangkat RBS sehingga lebih efisien dan efektif. 

"Keunggulannya jelas akses data XL semakin cepat dari 2 bit per second (bps) menjadi 24 bps," ujarnya, Senin (16/12/2013). 

Modernisasi jaringan Jateng-DIY mulai dilaksanakan April lalu terhadap RBS 2G dan 3G. Untuk RBS 2G, XL melakukan modernisasi 750 RBS eksisting sedangkan 3G mengganti 1.080 RBS lama dengan perangkat baru. 

Vice President XL Central Region Nuruddin Al Fithroh menyatakan modernisasi jaringan berperan dalam memperbaiki pengalaman pelanggan, terutama yang mengeluhkan lemahnya jaringan XL.  

"Pascamodernisasi, otomatis jaringan semakin kuat, harapannya akan mendorong penggunaan fasilitas baik data, voice maupun SMS," katanya. 

Di wilayah Central Region, ujar Nuruddin penggunaan jaringan XL khususnya akses data didominasi di area Yogyakarta dan Semarang, selanjutnya disusul Solo dan Kota Tegal. Penguatan diharapkan semakin meningkatkan penggunaan layanan operator biru ini. 

Sementara proyek modernisasi jaringan XL itu menggandeng Ericsson Indonesia sebagai rekan pengembangan teknologinya. 

Head of Customer Operation Ericsson Indonesia Erwin Kurniawan menuturkan pihaknya siap melanjutkan kerja sama penyediaan teknologi jaringan untuk peningkatan layanan XL. 

"Ericsson siap mendukung modernisasi yang dilakukan XL dengan ekpektasi tinggi untuk memberikan exsperience kepada pengguna," ujarnya. 

Menurut Erwin pembaruan teknologi jaringan merupakan langkah strategis untuk memperluas jangkauan layanan telekomunikasi. 

"Kedepan kami siap untuk terus support XL dengan menyediakan teknologi terkini dan moderen baik dari segi desain, penggantian perangkat hingga optimasi jaringan."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper