Robot Karya Mahasiswa Surabaya Ini Bisa Goyang Caesar Lho!

Adam A. Chevny
Kamis, 14 November 2013 | 11:28 WIB
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA – Tim mahasiswa Polikteknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) mengembangkan rancangan robot EROS (EEPIS Robot Soccer) yang disiapkan guna mengikuti Robocup 2014 di Brasil. Uniknya, robot ini juga bisa goyang Caecar.

Robot setinggi 70 cm itu tahun ini berhasil menjadi juara bertahan Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dan meraih peringkat delapan besar dalam Robocup 2013 di Eindoven, Belanda, Juni lalu.

“Kami membutuhkan waktu 4 tahun untuk membuat dan mengembangkan robot EROS. Robot ini juga bisa diprogram untuk melakukan goyang Caesar,” tutur Dimas Pristovani Riananda, programmer dan ketua tim perancang robot EROS, melalui siaran pers yang diterima Kamis (14/11 2013).

Menurut dia, pemrograman robot EROS bergoyang Caesar dalam dilakukan selama sehari. Sebelumnya, tim mahasiswa PENS yan terdiri dari Dimas Pristovani Riananda, Ardiansyah Al Farouq, Pratomo Adhi Nugroho dan Michael Suprapto Junianto Soedargo, Lukman Hakim dan Mohamad Sob’run Ibnu Atfal juga memrogram robot tersebut untuk bergoyang Gangnam Style.

Pembimbing Tim Robot EROS Akh. Subhan Khalilullah mengatakan pemrograman robot tersebut untuk bergoyang Caesar dilakukan di sela-sela tim melakukan penyempurnaan di laboratorium guna menyiapkan diri dalam ajang KRSBI serta mewakili Indonesia dalam even Robocup 2014 di Brazil. “EROS merupakan robot sepak bola yang menjadi pemain bola andal di lapangan hijau,” paparnya.

Namun, tim juga berencana memperbaiki gerakan tari EROS hingga bisa lebih sempurna. Gerakan tari robot tersebut beberapa waktu lalu ditampilkan dalam Pameran Pembangunan HUT Kabupaten Sumenep, Madura, dan mampu menarik perhatian khalayak.

Untuk menyaksikan aksi goyang Caesar robot EROS bisa klik: http://youtube.com/watch?v=0XNTZws7H6A.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Adam A. Chevny
Editor :
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper