Tekan Biaya Koneksi, Agregasi Jaringan Mendesak Direalisasi

Galih Kurniawan
Rabu, 23 Oktober 2013 | 14:52 WIB
Bagikan

Bisnis.com, DENPASAR - Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengusulkan adanya agregasi jaringan Internet exchange dari Indonesia ke luar negeri demi menekan biaya koneksi.

Ketua APJII Sammy Pangerapan, mengatakan, di Indonesia terdapat sejumlah penyedia jaringan berskala besar, masing-masing berhubungan dengan pihak jaringan Internasional melalui model bisnis dua arah.

“Usulan ini bukannya untuk menyatukan perusahaan-perusahan itu, tapi hanya agregasi sehingga Indonesia punya kekuatan negosiasi,” ujarnya kepada Bisnis di sela-sela penyelenggaraan Internet Governance Forum (IGF) 2013 di Bali, Rabu (23/10/2013).

Sammy menambahkan saat ini terdapat sejumlah pemilik jaringan yang cukup kuat. Beberapa dari mereka adalah Telkom, Indosat, Matrix, XL dan Moratel. Seandainya dilakukan agregasi maka akan diperoleh trafik yang cukup besar.

Dia meyakini cara semacam itu tidak akan merusak tatanan bisnis yang sudah dijalankan. Menurutnya, banyak pihak yang akan diuntungkan karena biaya koneksi menjadi lebih murah. Kondisi lebih baik juga akan dialami oleh ISP atau penyedia layanan Internet jika skema tersebut terwujud.

“Ini harus diawali dari pembicaraan di tingkat nasional, baru nanti ke internasional,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Galih Kurniawan
Editor : Yusran Yunus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper