Riset Gartner: 64% Perusahaan Investasi untuk Big Data 2013

Thomas Mola
Rabu, 25 September 2013 | 20:36 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Survei lembaga riset IT Gartner menyebutkan terdapat 64% organisasi atau perusahaan berencana atau telah melakukan investasi untuk teknologi big data pada tahun ini.

Angka itu bertumbuh jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya 59%.

Survei yang dilakukan Gartnet pada Juli 2013 melibatkan 720 mitra Gartner yang tersebar di seluruh dunia. Survei itu menemukan 30% organisasi telah berinvestasi untuk teknologi big data, 19% berencana berinvestasi tahun depan, dan 15 % lainnya berencana berinvestasi dalam 2 tahun ke depan.

Industri yang melakukan investasi untuk big data tahun 2013 adalah media dan komunikasi, perbankan, dan jasa. 39% organisasi media dan komunikasi mengatakan bahwa mereka telah berinvestasi, diikuti oleh 34% perbankan dan 32 % perusahaan jasa.

Adapun secara geografis, Amerika Utara memimpin investasi dengan 38% organisasi yang menyatakan telah berinvestasi untuk big data. Untuk Wilayah Asia/Pacific terungkap rencana pertumbuhan 45% untuk investasi big data dalam 2 tahun ke depan.

"Big data 2013 merupakan tahun percobaan dan penyebaran awal," kata Frank Buytendijk, Research Vice President Gartnet sebagaimana dikutip dari situs resmi Gartner, Rabu (25/9). (Foto:t-sytems)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper