Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Biznet 'Kuasai' Jaringan Internet APEC 2013

Bisnis.com, JAKARTA — Biznet, satu operator Telekomunikasi dan Multimedia Fixed Line di Indonesia, mengaku siap menyediakan layanan Internet, Data Center dan TV Kabel dalam untuk mendukung  APEC 2013 di Pulau Dewata, Oktober mendatang.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 20 Agustus 2013  |  23:18 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Biznet, satu operator Telekomunikasi dan Multimedia Fixed Line di Indonesia, mengaku siap menyediakan layanan Internet, Data Center dan TV Kabel dalam untuk mendukung  APEC 2013 di Pulau Dewata, Oktober mendatang.

Presiden Direktur Biznet Adi Kusma mengatakan untuk persiapan menyambut APEC, secara infrastruktur fiber optic di kawasan Bali khususnya daerah Nusa Dua sudah siap.

"Beberapa hotel dan convention center sudah terkoneksi dengan jaringan kami. Dengan jaringan ini, Biznet dapat menyuguhkan layanan komunikasi data, Internet ultra cepat dan TV kabel berkualitas high definition," ujarnya di Jakarta, Selasa 920/8/2013).

Untuk menjamin keamanan jaringan Internet-nya, Biznet telah mengimplementasikan Internet Protocol version 6 (IPv6). IPv6 adalah protokol Internet generasi terbaru yang menggantikan protokol versi sebelumnya (IPv4).

IPv6 memiliki keamanan yang lebih handal karena dilengkapi dengan optional sekuriti IPSec yang dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Dengan IPSec, seluruh data yang masuk kedalam jaringan Internet Biznet dapat di enkripsi sehingga keamanannya terjamin.

Adi menjelaskan, saat ini Biznet memiliki kapasitas bandwith Jakarta-Bali dan jaringan fiber optic di wilayah Bali sepanjang 500 km sehingga optimistis mampu mendukung kebutuhan layanan Internet selama kegiatan APEC mendatang. "Untuk kapasitas itu sudah ready sejak saat ini," tegasnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pelaksanaan KTT APEC tersebut seperti gangguan layanan Internet, Biznet telah menyiapkan jaringan yang didesain secara redundant sehingga meminimalkan potensi gangguan yang mungkin akan terjadi. "Selain itu tim support kami akan selalu standby selama 24 jam," terangnya.

Adi menambahkan kebutuhan Internet di Bali akan terus mengalami pertumbuhan dikarenakan pasar pariwisata Bali juga semakin meningkat yang dibuktikan dengan jumlah hotel dan residence orang asing yang terus bertambah, dimana setiap tahun diperkirakan ada kenaikan 30% – 40%.

Kedepan menurutnya, Biznet masih akan terus memperluas cakupan wilayah layanannya di daerah Bali, dimana untuk jaringan fiber optic Biznet sudah ada di berbagai lokasi seperti kawasan wisata terpadu BTDC, Nusa Dua, Denpasar, Tanjung Benoa, Jimbaran, Kuta, Legian, Seminyak, Sanur, Ubud dan Sayan. Direncanakan pengembangan jaringan akan berlanjut ke arah Canggu, Brawa dan Uluwatu.

 “Tahun ini, Biznet bisa mengembangkan jaringan fiber optic sejauh 1,000 km. Kita terus mengembangkan ke daerah-daerah baru yang ada di Bali," ujarnya.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

internet fiber optic apec 2013 biznet
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top