Aplikasi Ini Bisa Menyulap iPhone Jadi GPS Andal

Selasa, 13 Agustus 2013 | 18:55 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Ponsel pintar alias smartphone yang sudah dilengkapi dengan GPS cukup membantu navigasi di dalam kota dan jalan raya, tetapi jangan harap bisa digunakan menunjukkan arah saat berada di hutan atau pegunungan.

Pengguna smartphone yang suka berpetualang saat ini bisa memanfaatkan aplikasi ViewRanger untuk alat navigasi layaknya GPS outdoor.

Kini, ada pilihan baru setelah Trimble TopoCharger menawarkan aplikasi (app) semacam itu. Trimble memaketkan app itu dengan satu set peta topografi dan baterai cadangan seukuran iPhone. Setelah disetel, iPhone Anda akan berubah menjadi sebuah GPS lapangan.

Didesain untuk memudahkan penggunaan iPhone sebagai perangkat peta GPS outdoor, TopoCharger dari Trimble Outdoors ini menyertakan satu set peta topografi berwarna dengan 15 level zoom, dari 1:250K hingga 1:24K.

Sebuah app disertakan bersama peta tersebut untuk membantu iPhone mencari arah di tengah hutan belantara. Sayangnya, Trimble baru menyediakan peta untuk 49 negara bagian Amerika Serikat.

Peta itu disimpan di dalam sebuah chip yang bisa dibongkar pasang di bagian bawah casing TopoCharger. Ini dimaksudkan agar casing dibeli untuk penggunaan di negara tempat tinggal atau di manapun penggunanya paling banyak berpetualang.

Pengguna kemudian dapat membeli kartu peta negara-negara lain dan menukar chip tersebut. Selain menawarkan peta dalam bentuk kartu, seperti produk GPS outdoor lain yang dipaketkan, casing TopoCharger sudah termasuk baterai 1.440 mAh yang diklaim mampu menggandakan masa pakai baterai iPhone.

Perangkat TopoCharger seberat 85 gram ini didesain untuk model iPhone 4, 4S dan 5. Alat bantu navigasi ini akan diluncurkan pada November dengan harga eceran US$149 di AS. Versi untuk negara-negara lebih besar, seperti Texas dan California, dijual seharga US$169.

Pengguna Android tidak bisa memanfaatkan aplikasi itu, tetapi mereka bisa mengakses peta yang sama dengan kartu SD dan microSD plug-and-play Trimble, yang tersedia untuk semua negara bagian AS kecuali Alaska. Seperti versi iPhone, disertakan juga app untuk memberikan fungsi navigasi.

Inilah 6 Smartphone dengan Harga di bawah 1 Juta Perak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Editor :
Sumber : gizmag
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper