Ini Cara Bayar THR Lewat Ponsel

Sepudin Zuhri
Selasa, 23 Juli 2013 | 12:31 WIB
Bagikan

Bisnis.com, BANDUNG - Setelah tiga operator terbesar di Indonesia bersama-sama mengenalkan layanan pengiriman uang elektronik lintas operator, kini semakin banyak manfaat dan kemudahan yang bisa didapatkan masyarakat atas layanan tersebut. 

Salah satunya adalah pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) menggunakan uang elektronik. Menyongsong Hari Raya Idul Fitri 2013 ini, PT XL Axiata Tbk (XL) memperkenalkan XL Tunai sebagai alternatif alat pembayaran Tunjangan Hari Raya bagi perusahaan atau individu kepada karyawan/pekerjanya.

Chief of Digital Services XL Dian Siswarini mengatakan uang elektronik XL Tunai ini memiliki keunggulan berupa sifatnya yang serba simpel untuk dipergunakan, serta memiliki sistem keamanan yang tinggi.

"Untuk jumlah THR yang tidak besar, XL Tunai merupakan alternatif cara pembayaran ke karyawan yang bisa dipertimbangkan. Apalagi kini pengiriman uang elektronik bisa dilakukan antarpelanggan XL-Indosat-Telkomsel. Maka semakin fleksibel XL Tunai untuk mengirimkan uang ke karyawan, keluarga, dan sanak saudara di kampung," ujarnya melalui siaran pers, Selasa (23/7/2013).

Dian menambahkan pengenalan XL Tunai untuk pembayaran THR ini sekaligus merupakan implementasi dari kontribusi XL dalam mendukung program Bank Indonesia untuk mempercepat mewujudkan cashless-society.

Lebaran merupakan momentum yang tepat, di mana banyak pelanggan XL kemungkinan juga memiliki tanggung jawab untuk membayar THR kepada karyawan/ pekerjanya (pekerja informal seperti asisten rumah tangga, tukang kebun, sopir, penjaga keamanan, penjaga toko, dll) dalam jumlah nominal yang tidak terlalu besar (kurang dari Rp 5.000.000, sesuai jumlah maksimal saldo XL Tunai).

Saat ini XL tidak mengenakan biaya apapun (gratis) baik biaya SMS ataupun akses melalui UMB untuk pengiriman uang antaroperator, termasuk dalam rangka pembayaran THR. Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan pengiriman uang menggunakan XL Tunai, antara lain cepat (uang elektronik akan langsung masuk ke HP tujuan saat itu juga), aman (pengguna akan terhindar dari resiko uang hilang dan yang sedang marak saat ini adalah uang palsu), mudah (dilakukan langsung dari ponsel pengguna), dan murah.

Untuk bisa melakukan pengiriman uang elektronik melalui XL Tunai, pelanggan harus menggunakan nomor XL yang sudah terdaftar untuk XL Tunai.

Bagi pelanggan yang belum mendaftar, bisa mendatangi XL Centre ataupun Agen Pulsa bertanda XL Tunai di seluruh Indonesia dan mengisi formulir pendaftaran serta menyerahkan fotokopi KTP untuk dapat mengirim dan mencairkan uang dengan menggunakan XL Tunai. Sementara itu, penerima kiriman dana, nomor ponselnya tidak harus terdaftar di XL Tunai. Untuk pelanggan operator lain juga harus menyesuaikan dengan ketentuan di operatornya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper