Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Wechat Gandeng XL Axiata untuk Jadi Nomor 1

Bisnis.com, JAKARTA—Aplikasi chatting wechat menggandeng operator selular XL Axiata dengan target dapat menjadi aplikasi chatting nomor satu di Indonesia.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 10 Juli 2013  |  19:53 WIB
Wechat Gandeng XL Axiata untuk Jadi Nomor 1
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Aplikasi chatting wechat menggandeng operator selular XL Axiata dengan target dapat menjadi aplikasi chatting nomor satu di Indonesia.

Wechat mengklaim mengalami pertumbuhan hingga 50 kali lipat sejak diluncurkan pada 28 Februari lalu.

Aplikasi wechat merupakan instant messaging keluaran MNC Tencent yang merupakan joint venture antara MNC Grup dengan perusahaan game terkemuka asal Hongkong Tencent Ltd.

CEO MNC Tencent David Audi mengatakan jumlah pengguna wechat di seluruh dunia mencapai 300 juta. Dari jumlah itu 70 juta berada di luar China di mana Indonesia menjadi negara teratas mengungguli India, Malaysia dan Thailand.

“Kami belum bisa menyebut jumlahnya tetapi wechat menguasai sepertiga pengguna ponsel pintar di Indonesia,” ujarnya, Rabu (10/7/2013).

David optimis pertumbuhan wechat dapat menjadi nomor satu karena merupakan aplikasi chatting dengan fitur paling lengkap seperti group chat, integrasi layanan berbasis lokasi, microblogging, look around, dan voice an video call.

Internasional Bussines Development Tencent Ltd Andy Lau mengatakan dalam waktu dekat aplikasi wechat akan menyediakan fitur mobile game. Hingga sejauh ini fitur game itu masih dalam tahap uji coba di China dan Hongkong. Selain itu wechat juga nanti akan terhubung dengan aplikasi e commerce.

“Setelah uji coba di China dan Hongkong, mobile game di wechat akan go international,” ujar Andy.

Pertumbuhan wechat yang sangat tinggi juga tidak lepas dari iklan masif yang dilakukan lewat media televisi milik MNC yang menggandeng artis Gilese dan pemain terbaik dunia Leonel Messi.

“Ambisi wechat ialah menjadi yang terbaik di dunia sehingga kami menggandeng pemain terbaik dunia sekelas Lionel Messi,” ujar Andy.

Pada kesempatan yang sama GM Content and Applications Strategic Business and Inovation PT XL Axita Revie Sylviana mengatakan operator harus bekerja sama dengan pengembang aplikasi karena aplikasi chatting bertumbuh sangat tinggi. Kerja sama itu bertujuan aplikasi dan operator dapat tumbuh bersama.

“Kerja sama dengan MNC Tencent merupakan bagian dari upaya memperbesar penggunaan wechat di Indonesia. Dengan menyediakan layanan gratis selama sebulan, XL berharap dapat meningkatkan jumlah pelanggan,” ujar Revie.

Rivie memperkirakan pengguna XL yang menggunakan wechat dapat bertumbuh tiga kali lipat. Hingga sejauh ini terdapat 15% dari total pengguna XL merupakan pengguna ponsel pintar. Dari jumlah itu 60% diantaranya menggunakan satu hingga dua aplikasi chatting. Total pengguna XL sendiri hingga sejauh ini mencapai 49 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata wechat
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top