HARI RAYA: XL Antisipasi Lonjakan Trafik Selama Puasa - Lebaran

Pamuji Tri Nastiti
Selasa, 2 Juli 2013 | 18:34 WIB
Bagikan

SEMARANG – PT XL Axiata Tbk memperkirakan lonjakan trafik operator selama Ramadhan hingga Lebaran 2013 mencapai 30% dari hari biasa sehingga wilayah Jawa tengah akan mengoptimalkan 4.200 Base Transceiver Station (BTS) di wilayah ini.

Regional Sales Operational Manager XL Axiata Jateng, Rd Sofia Purbayanti mengatakan BTS XL di Jateng saat ini mencapai 4.200 unit terdiri dari 3.086 BTS 3G, sisanya merupakan BTS 900/1800 atau 2G.

“Antisipasi selama Lebaran menggunakan teknologi Mobile Switching Center (MSC) untuk menangani beban jaringan sibuk trafik data-SMS yang mencapai 70% dan 30% voice,” katanya disela Peluncuran Program ‘Ramadhan Bagi Bagi Maaf (BBM)’ di Semarang, Selasa (2/7/2013).

Menurutnya, XL sehari-hari melayani trafik percakapan hingga 600 juta menit, 750 juta SMS dan trafik data sebesar 185 Terabytes yang masing-masing diperkirakan melonjak hingga 30% pada Lebaran Agustus nanti.

XL juga sudah memperkenalkan program baru khusus Ramadhan dan Lebaran melalui Ramadhan BBM berupa fitur inovatif penyediaan stiker atau ikon pesan pendek yang sedang booming saat ini.

Vice President XL Jateng, Nurudin Al Fithroh menuturkan fitur itu sudah diaktifkan sejak 25 Juni untuk semua ponsel yang memenuhi standar aplikasi penerimaan ikon.

“Pemilik kartu perdana bisa mendapatkan gratis selama 14 hari sedangkan tarif untuk pengguna kartu XL akan dikenakan biaya Rp100 untuk sekali pengiriman stiker,” ujarnya.

Program menarik dalam rangka Ramadhan dan Lebaran 2013 juga didukung dengan pameran beberapa gadget bundling XL, ‘BBM-an Bisa Jadi Superstar’, ‘BBM-an Bisa Ketemu Superstar’ dan ‘Bagi Bagi Mudik’ merupakan fasilitas mudik untuk 1.200 frontliners XL.

Manager Networking XL Semarang,  Berly Akman Basyas manambahkan, mendukung jaringan menjelang Ramadhan dan Lebaran pihaknya mengupayakan penambahan beberapa BTS di Tegal, Pekalongan dan Purwodadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper