EKSPANSI: Percetakan Bisnis Indonesia Group Segera Beroperasi di Makassar

Wiwiek Endah
Jumat, 21 Juni 2013 | 15:03 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, MAKASSAR--PT Aksara Grafika Makassar (AGM), anak perusahaan Bisnis Indonesia Group (BIG) segera mengoperasikan mesin cetak koran di kawasan industri Parangloe Indah Makassar.

“Pengoperasian ini direncanakan mulai pekan depan, dengan kapasitas terpasang mencapai 30.000 per jam. Saat ini, semua unit produksi sudah siap dan tinggal menunggu hari baik saja,” kata Noor Korompot, Direktur PT AGM kepada Bisnis, Jumat (21/6/2013).

Menurutnya, AGM selain bergerak di bidang percetakan juga akan menjajaki pengembangan industri koran regional dan industri packing atau pengemasan.

“Ini adalah bagian dari ekspansi unit usaha Bisnis Indonesia Group yang berada di bawah naungan PT Jurnalindo Aksara Grafika (JAG) di wilayah Indonesia Timur,” paparnya.

Percetakan AGM dilengkapi dengan sarana pra cetak yang sangat modern untuk sebuah industri surat kabar. Karena itu, selain mencetak Harian Bisnis Indonesia,AGM juga akan mencetak beberapa media nasional untuk memenuhi kebutuhan pasar di Indonesia Timur.

Dalam memperpendek jalur distribusi koran, perusahaan industri media harus memanfaatkan Makassar sebagai titik pengembangan sistem cetak jarak jauh (CJJ).

Betapa tidak, katanya, biaya distribusi dan kargo pengiriman koran dari Jakarta ke wilayah Indonesia Timur setiap tahun mengalami peningkatan yang cukup tinggi.

“Jika hanya dipusatkan di Jakarta, maka distribusi koran akan sangat membebani perusahaan media cetak nasional. Selain itu, waktu edar koran akan semakin terbatas karena rerata tiba di tangan pembaca siang hari atau bahkan hingga sore hari,” jelasnya.

Selama ini, lanjut dia, baru ada beberapa koran nasional yang telah memanfaatkan Makassar sebagai pusat distribusi dengan menggunakan sistem cetak jarak jauh seperti Harian Kompas, Bisnis Indonesia dan Koran Tempo Makassar serta Koran Sindo Makassar.

Dia menambahkan AGM tidak hanya bisa mencetak koran tetapi juga bisa melayani cetak buku, kertas suara dan buku-buku untuk memenuhi kebutuhan pendidikan.

Bisnis Indonesia Group telah melakukan ekspansi pengembangan industri percetakan di Jakarta, Solo, Surabaya dan setelah Makassar, juga akan ekspansi ke Yogyakarta, Bandung, Medan dan Palembang. (wde)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Wiwiek Endah
Editor : Wiwiek Endah
Sumber : Wiwiek Endah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper