PASAR KOMPUTER: Penjualan Tablet Akan Salip PC Pada 2015

John Andhi Oktaveri
Rabu, 29 Mei 2013 | 07:53 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA—Penjualan komputer tablet global akan menyalip komputer personal (PC) pada 2015, sementara para konsumen akan memburu iPad alternatif yang lebih kecil dan murah dari Apple Inc., menurut lembaga riset pasar IDC.

Penjualan tablet diproyeksikan tumbuh 45% dari tahun ini dan akan mencapai 332,4 juta unit pada 2015, sedangkan penjualan PC diperkirakan 322,7 unit, menurut laporan IDC sebagaimana dikutip Bloomberg, Rabu (29/5/2013).

Penjualan PC diduga merosot 7,8% tahun ini sekaligus merupakan angka penjualan terburuk per tahun, menurut lembaga survei pasar yang merevisi perkiraan penurunan sebelumnya sebesar 1,3%.

Komputer tablet yang lebih ringan, murah, dan didukung oleh ratusan aplikasi akan menggantikan PC, karena tingginya kebutuhan konsumen untuk pengecekan email,  menjelajah laman serta mengakses musik dan film.

Dalam kurun tiga tahun sejak Apple meluncurkan iPad, tablet yang mengoperasikan piranti lunak Andorid dari Google Inc. telah mendongkrak pertumbuhan pasar.

“Bagi kebanyakan konsumen, tablet merupakan solusi yang elegan dan simpel untuk menggantikan peran PC,” ujar Ryan Reith, seorang analis IDC.

IDC melaporkan rata-rata harga jual tablet secara global turun 11% menjadi $381 pada tahun ini dan akan terus turun. Alasannya, banyak konsumen memilih alat yang lebih kecil seperti iPad dari Apple yang bersaiang dengan yang dikeluarkan perusahaan seperti Samsung Electronics Co. dan Amazon.com Inc.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sepudin Zuhri
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper