MICROSOFT Perbarui Xbox untuk Hadapi Game Versi Apple

John Andhi Oktaveri
Senin, 20 Mei 2013 | 13:00 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA--Microsoft  melakukan pembaruan pada produk Xbox untuk menyaingi pesaing mulai dari Apple hingga Facebook. Persaingan perusahaan peranti lunak kian ketat ketika Microsoft mengeluarkan versi terbaru tersebut lima tahun lalu.

Sekarang produk pendatang baru, termasuk Google  dan Amazom.com, mulai terancam khusus untuk pasar produk peranti lunak yang menyediakan berbagai jenis permainan dan hiburuan pada telepon pintar, komputer dan peralatan elektronik.

Kalau dulu Xbox Microsoft hanya bersaing dengan PlayStation dari Sony dan Wii dari Nintendo, sekarang muncul ekses yang luar biasa dari perantq yang memiliki kekuatan grafis dan komputer yang lebih baik. Pasalnya produk itu mampu mengunduh permainan dari Internet dan menghubungkan TV di ruang tengah ke gadget dise luruh bagian rumah.

Kondisi itu memaksa Microsoft membuat Xbox baru yang akan diluncurkan pada Senin waktu setempat di Redmond, Washington. Keunggulan produk itu termasuk mengirim lebih banyak program, hiburan dan layanan lainnya sehingga membuatnya melebihi sekedar sebuah permainan.

“Produk ini akan beroperasi 4 sampai 10 jam di ruang tengah rumah anda,” ujar Brian Blau, seorang analis pada Gartner Inc. di San Francisco, seperti dikutip Bloomberg.

Mereka harus berpikir tentang apa yang akan datang dalam 5 tahun dan bersaing dengan dua generasi tablet yang akan diluncurkan pada waktu tersebut, ujarnya.

Gadget baru tersebut akan menggunakan sensor Kinect untuk mengenal wajah dan merekomendasikan konten berdasarkan minat pengguna, menurut satu sumber yang dekat dengan teknologi tersebut.

Tersedia di toko pada akhir tahun ini,  Xbox terbaru juga akan dilengkapi chip dari Advanced Micro Devices Inc. yang didesain untuk mempermudah pengembang menciptakan permainan, menurut sumber itu pada April lalu sebagaimana dikutip Bloomberg, Senin (20/5/2013).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sutarno
Sumber : Bloomberg
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper