LIVINGSOCIAL Tegaskan Data Pelanggan Indonesia Aman

Fahmi Achmad
Senin, 29 April 2013 | 16:07 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, JAKARTA-- Situs layanan jual beli LivingSocial menegaskan data pelanggan di Indonesia aman dan terlepas dari kasus peretasan database perusahaan yang berbasis di Washington tersebut.

"Untuk data Living Social Asia Tenggara tersimpan terpisah di Thailand, sehingga tidak mempengaruhi data customer kami di Indonesia," ujar manajemen LivingSocial Indonesia melalui akun @LivingSocial_ID hari ini (29/4/2013).

Akhir pekan lalu, LivingSocial melaporkan database telah di-hack dan berdampak terhadap 50 juta pelanggan website tersebut.

Manajemen mulai mengirim email kepada pelanggan pada Jumat sore (26/4/2013) dan memberitahu untuk mengubah password situs mereka.

"Kami baru saja mengalami serangan cyber pada sistem komputer kami yang mengakibatkan akses tidak sah ke beberapa data pelanggan dari server kami. Kami bekerja aktif dengan penegak hukum untuk menyelidiki hal ini," kata CEO LivingSocial Tim O'Shaughnessy dalam sebuah email kepada karyawan, seperti dilansir NBC News.

Manajemen LivingSocial menyatakan informasi kartu kredit pelanggan tidak dicuri - itu disimpan dalam database yang terpisah. Namun hacker mencuri password pelanggan.

Hal tersebut membuat perusahaan yang berbasis di Washington itu dibanjiri telepon pelanggan. Dampaknya, O'Shaughnessy memutuskan untuk menghentikan sementara hubungan telepon layanan pelanggan.

"Karena kami mengantisipasi volume panggilan yang tinggi dan mungkin tidak mampu untuk menjawab atau mengembalikan semua panggilan secara bertanggung jawab, Kami menghentikan sementara ponsel berbasis pelayanan konsumen. Kami akan mencurahkan semua sumber daya yang tersedia untuk pelayanan berbasis Web kami," kata O'Shaughnessy.

NBC News telah mengonfirmasikan rekening nasabah Amazon, perusahaan yang terafiliasi dengan LivingSocial tidak terpengaruh oleh pelanggaran akses tak sah tersebut.
(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Fahmi Achmad
Editor : Fahmi Achmad
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper