TENDER 3G: XL Axiata Berharap Dapat Tambahan Kanal

Yusran Yunus
Sabtu, 9 Februari 2013 | 12:01 WIB
Bagikan

SINGAPURA-PT XL Axiata Tbk berharap mendapatkan tambahan alokasi kanal 3G dari tender yang kini sedang berjalan guna mendapatkan dua blok kanal di spektrum frekuensi 2.100 MHz.

Menurut Dirut PT XL Axiata Tbk Hasnul Suhaimi, hal itu dikarenakan pihaknya akan mengembangkan coverage 3G untuk mendukung bisnis layanan data.

“Kami ingin menambah kanal 3G juga agar tersedia kapasitas layanan data yang besar untuk mengatasi lonjakan trafik layanan data,” ujarnya dalam XL Media Gathering, Sabtu (9/2).

Suhaimi menjelaskan layanan data mampu memberikan kontribusi sebesar 20% dan pada tahun ini kontribusinya diperkirakan semakin meningkat.

Saat ini, PT XL Axiata Tbk bersaing dengan dua operator seluler lainnya di Indonesia memperebutkan dua blok kanal 3G yang tersisa di spektrum frekuensi 2.100 MHz.

Spektrum frekuensi 2,1 GHz memiliki total rentang pita 60 MHz yang terbagi dalam 12 blok kanan, dengan setiap blok memiliki rentang pita 5 MHz.

Suhaimin menuturkan hingga akhir 2012, penggunaan layanan data mencapai 25,6 juta orang atau 56% dari total jumlah pelanggan XL, sedangkan pada 2013 diharapkan jumlah pengguna layanan data meningkat.

“Layanan data yang terus meningkat karena dipicu oleh kebutuhan akses social media networking dan tarif/biaya untuk layanan data atau Internet yang bersaing dengan semakin banyaknya pilihan paket data,” tuturnya.(yus)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Yusran Yunus
Editor : Others
Sumber : Rochmad Fitriana
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper