TANGKAL BANJIR: BPPT Monitor Awan Melalui Radar

Selasa, 29 Januari 2013 | 12:36 WIB
Bagikan

JAKARTA:—Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi  (BPPT)  terus melakukan monitor awan yang berpotensi mencurahkan hujan intensitas besar dan banjir di sejumlah tempat dengan menggunakan radar yang dipasang di Bandara Halim Perdanakusuma.


Staf.  Senior Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan BPP Teknologi Djoko Goenawan mengatakan dari pengamatan tersebut, juga disiapkan adanya tindakan jika radar menangkap ada potensi awan tersebut dengan sistem yang diberi nama proses  jumping dan kompetisi.


“Kita perlu antisipasi. Sedia payung sebelum hujan. [Lagi pula BPPT]. memang selalu mencari terobosan dan inovasi [dalam hal ini dengan tujuan] mengurangi hujan,” kata. Djoko saat dihubungi melalui telepon genggamnya, Selasa (29/1).

 
Untuk memonitor awan tersebut, ujarnya, BPP Teknologi telah meletakkan radar di Bandara Halim Perdanakusuma, menyusul terjadinya bencana banjir di sejumlah tempat akibat hujan lebat yang berkepanjangan.

 
Daerah yang terpantau, antara lain seperti di Serang, di Kepulauan Seribu, dan di Selat Sunda. Mengingat pertumbuhan  awan selalu bergerak dari Barat.

 
Djoko mengatakan BPPT memiliki dua cara untuk mengatasi awan yang berpotensi mendatangkan hujan besar dan banjir.  Pertama, melakukan proses tindakan yang dinamakan jumping,  yaitu menurunkan awan lebih cepat menjadi hujan sebelum bergerak ke suatu tempat dengan ukuran terus membesar.
 

Kedua, dengan sistem kompetisi. Yaitu dengan menyemaikan partikel yang berkompetisi dengan awan menyerap uap air, sehingga awan tidak tumbuh atau istilahnya menjadi ‘bantet’. (if)


“Radar di Halim untuk memonitor [awan],” kata Djoko.


 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis :
Editor : Ismail Fahmi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper