Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PONSEL CERDAS: Produk Apple Tak Lagi Jadi Gaya Hidup Di Asia

JAKARTA—Penggunaan produk-produk Apple kini tak lagi menjadi gaya hidup penduduk di kota-kota besar Asia. Di Singapura dan Hong Kong, iPhone mulai tergeser dengan ponsel cerdas lain seperti Samsung dan HTC.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 28 Januari 2013  |  13:14 WIB

JAKARTA—Penggunaan produk-produk Apple kini tak lagi menjadi gaya hidup penduduk di kota-kota besar Asia. Di Singapura dan Hong Kong, iPhone mulai tergeser dengan ponsel cerdas lain seperti Samsung dan HTC.

Pada 2010, Apple sangat dominan di Singapura. Saat itu, produk berbasis sistem operasi iOS sangat dominan, bahkan lebih tinggi dibanding negara lain dalam ukuran per kapita.

Dilansir Reiuters, Senin (28/1), berdasar pengukuran trafik 3 juta website oleh StatCounter diketahui akses dari produk Apple melorot dari 72% pada Januari 2012 menjadi 50% saja pada bulan ini. Sebaliknya akses dari produk berbasis Android melonjak dari 20% tahun lalu menjadi 43% pada Januari 2013.


Hal yang sama juga terjadi di Hong Kong di mana perangkat berbasis iOS hanya sekitar 30% dari total perangkat elektronik yang ada. Padahal tahun lalu jumlahnya mencapai 45% dari total. Adapun perangkat berbasis Android jumlahnya hampir 2/3 dari total perangkat yang ada.

"Apple memang masih menjadi produk berkelas. Namun ada banyak produk lain yang tak kalah bagus, sehingga persaingan sangat ketat,” ujar Tom Clayton Chief Executive Bubble Motion.
Kondisi di Singapura dan Hong Kong itu diperkirakan akan terjadi pula di negara-negara Asia lainnya.

“Kedua negara itu menjadi rujukan di bidang elektronik dan sebagai indikator apa yang sedang menarik di Eropa Barat dan Amerika Utara,” kata Jim Wagstaff dari perusahaan developer Jam Factory. (if)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Galih Kurniawan

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top