Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TELKOMSEL Incar 82 Juta Pelanggan Data

JAKARTA—Telkomsel menargetkan peningkatan pelanggan data hingga 82 juta pada tahun ini jika dibandingkan pada 2012 sebanyak 54 juta. Adapun total jumlah pelanggan Telkomsel pada 2012 yakni 125 juta. Trafik layanan data Telkomsel pun diproyeksikan
News Editor
News Editor - Bisnis.com 22 Januari 2013  |  17:09 WIB

JAKARTA—Telkomsel menargetkan peningkatan pelanggan data hingga 82 juta pada tahun ini jika dibandingkan pada 2012 sebanyak 54 juta. Adapun total jumlah pelanggan Telkomsel pada 2012 yakni 125 juta. Trafik layanan data Telkomsel pun diproyeksikan meningkat dua hingga tiga kali lipat pada tahun ini.

Division Head Device Bundling & Customization Strategy Telkomsel Arief Pradetya mengatakan pada tahun ini pihaknya akan menggenjot pertumbuhan pelanggan data dari semua lini meliputi ponsel pintar, tablet, modem, dan ponsel fitur. Arief menyebutkan pelanggan data Telkomsel pada 2012 masih didominasi pengguna ponsel fitur sebanyak 40 juta.

"Sementara itu, ada sebanyak 45 juta pelanggan Telkomsel yang belum memakai Internet. Ini potensi bagi kami," kata Arief seusai acara peluncuran kerja sama paket layanan data dengan Nokia hari i ni, Selasa (22/1/2013).

Arief menjelaskan pada tahun ini Telkomsel akan gencar melakukan bundling dengan strategi DNA atau device, network, dan application. Hingga saat ini, untuk jaringan, Telkomsel telah memiliki 54.000 base transceiver station (BTS) dengan jangkauan 98% wilayah di Indonesia. Sebanyak 15.000 BTS merupakan BTS 3G.  Untuk perangkat dan aplikasi Telkomsel pun menjalin kerja sama dengan vendor, salah satunya Nokia.

Kerja sama ini menyasar pengguna ponsel basic dan fitur. Kerja sama ini menghadirkan paket layanan data dengan harga terjangkau untuk produk Nokia Asha yakni Asha Data Plan dan beberapa ponsel fitur. Adapun produk Nokia Asha dan ponsel fitur yang termasuk dalam kerja sama ini yakni Asha 305, 306, 308, 309, 311 serta Nokia 109, 110, dan 112.

Arief menjelaskan dari sisi perangkat dan aplikasi, Nokia sesuai dengan strategi meningkatkan pelanggan data Telkomsel. Dari total pelanggan Telkomsel, 49% merupakan pengguna ponsel Nokia.

Melalui kerja sama ini Arief menargetkan dalam 3 bulan pertama, pelanggan data low end Telkomsel akan meningkat 1,5 juta sementara untuk Nokia Asha 750.000 pelanggan. Melalui kerja sama ini pula, sepanjang 2013 Telkomsel menargetkan peningkatan pelanggan data sebanyak 6 juta. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Febriany D.A. Putri

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top