Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SELEKSI 3G: Kominfo Jawab Tuntas Pertanyaan Operator

News Editor
News Editor - Bisnis.com 15 Januari 2013  |  22:00 WIB
JAKARTA--Kementerian Komunikasi dan Informatika telah menjawab pertanyaan tertulis dan lisan yang disampaikan kelima operator telekomunikasi yang telah mengambil dokumen Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio Tambahan pada Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz untuk Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler IMT-2000 dalam Rapat Penjelasan, pada Selasa (15/1).
 
Adapun kelima operator yang telah mengambil dokumen seleksi 3G yakni Telkomsel, AXIS, 3, XL, dan Indosat. Sebelumnya, kelima operator telah menyerahkan daftar pertanyaan tertulis kepada Tim Seleksi 3G pada 10 Januari. Total pertanyaan tertulis dan lisan yang disampaikan perwakilan operator berjumlah 177 pertanyaan. Rapat tersebut dihadiri 30 orang perwakilan operator dan 41 panitia. Masing-masing operator mengirimkan enam orang perwakilan.
 
Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenkominfo Gatot S. Dewabroto mengatakan dalam Rapat Penjelasan berdurasi 2 jam dari pukul 10.00 hingga pukul 12.00 tersebut, materi yang paling banyak ditanyakan oleh kelima operator terkait dengan materi penilaian kelayakan finansial dan kelayakan teknis.
 
"Kami sudah menjelaskan bobot penilaian yang akan dilakukan oleh tim seleksi. Bobot penilaian finansial berapa, bobot penilaian teknis berapa. Operator sudah memahami semuanya," kata Gatot, saat dihubungi Bisnis, Selasa (15/1).
 
Selain itu, kata Gatot, kelima operator juga memberikan pertanyaan yang terkait dengan masalah administratif, mekanisme penyampulan dokumen seleksi, masalah jaminan pelaksanaan, hingga penataan ulang frekuensi 2,1 GHz pasca seleksi.
 
"Semua operator sudah saling tahu apa yang menjadi pertanyaan operator lain, semuanya terbuka," tambah Gatot.
 
Gatot menyampaikan, untuk jadwal penyerahan dokumen seleksi tidak akan berubah, yakni 31 Januari. Adapun, selama tenggang waktu sebelum jadwal penyerahan dokumen Gatot berharap operator mampu menyiapkan segala persyaratan yang telah ditentukan. Pada tanggal tersebut, kata Gatot, akan membuktikan operator mana yang benar-benar serius mengikuti seleksi.
 
"Pada 31 Januari, operator yang akan memasukkan dokumen permohonan bisa langsung menyerahkan ke tim seleksi pada jam kerja, tidak akan ada pertemuan resmi apapun," ujar Gatot.
 
Terkait apakah operator pemenang seleksi 3G bisa mendapatkan dua blok sekaligus yakni kanal 11 dan 12, Gatot menjawab pihaknya belum memutuskan. Tim Seleksi 3G terlebih dahulu akan melihat kelengkapan persyaratan dari masing-masing operator. 
 
Setelah dokumen permohonan terkumpul pada 31 Januari, tim seleksi akan mengevaluasi dokumen tersebut. Masa evaluasi berlangsung sejak 4 Februari sampai 18 Februari. Nantinya, tim seleksi akan mendasarkan evaluasi pada PM Kominfo No. 43 Tahun 2012 tentang Tata Cara Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio Tambahan pada Pita Frekuensi Radio 2.1 GHz untuk Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler IMT-2000. Penetapan pemenang seleksi akan diumumkan menteri Kominfo pada 27 Februari 2013. 
 
(Faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Febriany D.A. Putri

Editor : Fahmi Achmad

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top