Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TAHUN BARU 2013: Provider Telko Diminta Sukseskan Car Free Night

JAKARTA--Beberapa jam lagi, malam pergantian tahun 2012 ke 2013 segera berlangsung, Kementerian Kominfo dan BRTI mengingatkan kembali agar kualitas jaringan layanan telekomunikasi di saat malam pergantian tahun baru tetap terjaga dengan baik.
M. Faisal
M. Faisal - Bisnis.com 31 Desember 2012  |  13:16 WIB

JAKARTA--Beberapa jam lagi, malam pergantian tahun 2012 ke 2013 segera berlangsung, Kementerian Kominfo dan BRTI mengingatkan kembali agar kualitas jaringan layanan telekomunikasi di saat malam pergantian tahun baru tetap terjaga dengan baik.

 

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Gatot S. Dewa Broto mengatakan pada saat suasana Natal 2012 beberapa hari lalu pelayanan telekomunikasi telah berlangsung cukup baik, meskipun dengan sejumlah catatan beberapa keluhan masyarakat.

 

Namun, tugas dan tanggung-jawab secara khusus yang harus dilakukan oleh para penyelenggara telekomunikasi tetap berlanjut hingga malam tahun baru ini.

 

Dia memaparkan hal itu bukan berarti pada saat kondisi normal tidak dimonitor secara khusus oleh Kementerian Kominfo dan Badan Regulator Teekomunikasi Indonesia (BRTI), karena tetap saja pengawasan tetap berlangsung dalam situasi normal. “Hanya saja pada saat malam pergantian tahun baru ini diperkirakan akan terjadi lonjakan trafik telekomunikasi yang cukup tinggi,” katanya daam siaran pers siang ini Senin (31/12/2012).

 

Terkait dengan rencana Pemda DKI Jakarta sebagaimana sudah diputuskan oleh Gubernur Jokowi tentang pelaksanaan Car Free Night di sepanjang jalam protokol sekitar Jl. MH. Thamrin hingga Jl. Sudirman dan sekitarnya, Kementerian Kominfo telah mendesak sejumlah penyelenggara telekomunikasi untuk meningkatkan kapasitas jaringan di sekitar sentra-sentra perayaan tersebut.

 

Antisipasi itu harus dilakukan, karena pada saat suasana seperti itu diperkirakan akan ada ribuan warga masyarakat yang menggunakan perangkat telekomunikasi masing-masing untuk saling berkomunikasi menggunakan media sosial dan bahkan ribuan orang juga saling meng- up load foto dam video langsung on the spot .

 

Dalam situasi itu, kebutuhan bandwidth akan melonjak meningkat tajam, dan tidak ada pilihan lain bagi para penyelenggara telekomunikasi untuk mengantisipasi dengan baik jika tidak ingin diperingatkan oleh Kementerian Kominfo dan BRTI, tetapi juga tidak ingin dikomplain oleh para pengguna layanannya sendiri.

 

Peringatan ini tidak hanya berlaku untuk sentra pesta pergantian tahun di sekitar Thamrin dan Sudirman, Jakarta saja, tetapi juga di seluruh Indonesia mengingat kewajiban para penyelenggara telekomunikasi adalah untuk seluruh wilayah layanannya masing-masing di Indonesia.

 

Berdasarkan laporan sementara dari sejumlah penyelenggara telekomunikasi, untuk sekitar Thamrin dan Sudirman saja misalnya, ada beberapa penyelenggara telekomunikasi yang akan mengerahkan sejumlah BTS Mobile yang ditempatkan di beberapa titik tertentu, yang seakan-akan mengepung lokasi Car Free Night tersebut.

 

Meski demikian, Kementerian Kominfo dan BRTI masih tetap ingin membutktikan sampai seberapa jauh komitmen tersebut akan dipenuhi oleh para penyelenggara telekomunikasi, sehingga masyarakat dapat saling berkomunikasi dengan lancar. (spr)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Kahfi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top