Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RING BACK TONE: XL Axiata & Indosat Gandeng 12 Perusahaan Label Rekaman

JAKARTA : Industri telekomunikasi mulai serius menggarap pasar nada sambung pribadi (ring back tone/ RBT).
Erly Rusiawati
Erly Rusiawati - Bisnis.com 05 Desember 2012  |  20:45 WIB

JAKARTA : Industri telekomunikasi mulai serius menggarap pasar nada sambung pribadi (ring back tone/ RBT).

Dua operator telekomunikasi, XL Axiata dan Indosat, mewujudkan inisiatif bersama membangun bisnis RBT. Dengan restu Kementerian Komunikasi dan Informatika serta izin dari Kementerian Sosial, keduanya menggandeng 12 perusahaan label rekaman. Bertajuk Pesta RBT, kedua perusahaan membentuk single access UMB *919#. Masa kerja sama berlangsung 3 bulan dengan kemungkinan diperpanjang.

Inisiatif ini didasari pertimbangan agar pelanggan mudah menghapal UMB. Sebelum Oktober 2011, saat kasus pencurian pulsa terkuak, setiap operator memiliki UMB sendiri.

Director and Chief Commercial Officer PT Indosat Tbk Erik Meijer menuturkan dalam kerja sama ini, kedua operator bersama-sama mempromosikan kembali RBT dengan satu UMB.

“Iklan RBT itu rumit. Kami dan perusahaan label pada akhirnya bersama-sama menyederhakan mekanisme akses RBT. Wacana ini sudah kami garap sejak 6 bulan lalu,” kata Erik di sela-sela peluncuran Pesta RBT, Rabu (5/12/2012).

Satu tahun setelah keluarnya surat edaran nomor 177 tahun 2011, industri konten digital telah berusaha untuk meningkatkan animo masyarakat terhadap layanan bernilai tambah (value added service/ VAS), salah satunya RBT dan iRing.

Meski RBT dan iRing bukan bagian dari VAS, melainkan bagian dari produk dasar operator, dampak dari surat edaran tersebut terasa bagi seluruh pelaku industri musik digital. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Aang Ananda Suherman

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top