KEBAKARAN IDC: Situs Internet Indonesia yang sebelumnya down sudah mulai nyala

Lingga Sukatma Wiangga
Senin, 13 Agustus 2012 | 14:25 WIB
Bagikan

JAKARTA: Kebakaran yang melanda PT INternetindo Data Centra--pengelola National Interconnection Exchange-- atau pertukaran data Internet, memicu matinya sejumlah situs terkenal Indonesia, seperti Indowebster, Kapanlagi, Vemale, Detikcom, Blogdetik, dan Mytrans. Namun, dalam kicauan siang ini, pemilik IDC Johar Alam menyatakan sejumlah server sudah mulai on lagi.Sebelumnya, pada Minggu (12/8) sekitar pukul 22:40 perangkat UPS (Uninterruptible Power Supply) milik IDC terbakar. UPS tersebut terhubung server situs-situs yang terbakar.UPS di data center IDC Duren Tiga Jakarta yang terbakar memaksa pihak IDC untuk mematikan server-server yang menaungi beberapa situs antara lain Indowebster, Kapanlagi, Vemale, Detikcom, Blogdetik, dan Mytrans karena alasan keamanan akibat banyaknya asap.Selain situs tersebut, Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengumumkan bahwa laman kemdikbud.go.id turut terkena imbas terbakarnya UPS itu.Namun, semua data yang tersimpan dilaporkan aman. Matinya server tersebut membuat situs-situs terkait tak mendapatkan pengunjung terhitung sejak Minggu malam. Jumlah pasti kerugian akibat bencana ini belum bisa dipastikan.Johar Alam Rangkuti, Chairman Internet Data Center Indonesia mengatakan lewat akun Twitter-nya bahwa listrik di data center sudah mulai dinyalakan. “AC lantai 2 IDC 3D sudah menyala.

 

Tahap berikutnya secara bertahap coba menyalakan data center,” ungkap Johar Alam dalam lini masa akun twitternya.Berikut kicauan Johar Alam:Johar Alam Rangkuti ‏@joharalam: "Winter Lantai 2 IDC 3D is now on."Johar Alam Rangkuti ‏@joharalam: "Spring lantai 2 IDC 3D sudah on."Johar Alam Rangkuti ‏@joharalam: "AC lantai 2 IDC 3D sudah menyala. Tahap berikutnya secara bertahap coba menyalakan data center."

Johar Alam Rangkuti ‏@joharalam: "Seluruh Lantai 1 IDC 3D sudah nyala semua."Johar Alam Rangkuti ‏@joharalam: "Winter 101-109, Winter 128-136. Summer 101-109, Summer 128-145. Sudah nyala dibLantai 1 IDC 3D"Johar Alam Rangkuti ‏@joharalam: "AC Data Center Lantai 1 IDC 3D sudah mulai dinyalakan. Kalau semua berjalan lancar dan semua AC normal, bisa ke tahap menyalakan perangkat."Johar Alam Rangkuti ‏@joharalam: "Common area Lantai 3 lampu dan AC sudah nyala normal. Buat yang berdiri dan kepanasan diluar gedung IDC 3D dipersilahkan naik."Johar Alam Rangkuti ‏@joharalam: "Listrik sudah dinyalakan kembali sementara hanya untuk penerangan. Untuk ruang mesin bertahap."Johar Alam Rangkuti ‏@joharalam: "Jaringan aman. Audit PLN dan independent sudah. Salah satu dari 8 UPS kebakar. Shutdown diperlukan karena banyak asap RT @ylbsumaryo."Johar Alam Rangkuti ‏@joharalam: "UPS blowout. All shutdown at IDC 3D."(api)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper