INDUSTRI STORAGE: EMC apakah ada hubungannya dengan Einstein?

Lingga Sukatma Wiangga
Rabu, 7 Maret 2012 | 15:20 WIB
Bagikan

JAKARTA: Vendor storage global PT EMC Information Systems dikenal banyak orang sebagai EMC2 ,, yang merupakan formula terkenal dari ilmuwan dunia Albert Einstein. Lalu apakah ada kaitannya antara keduanya?

 

Sebenarnya secara langsung tidak, karena maksud EMC2 disini adalah singkatan dari nama tiga pendirinya ditambah kata corporation di depannya.

 

Namun, pendiri EMC tetap memiliki respek yang tinggi terhadap ilmuwan kenamaan tersebut sehingga simbol EMC2 selalu melekat kemana pun perusahaan itu melangkah.

 

Uniknya, EMC yang menyabet berbagai penghargaan termasuk dari Fortune berupa second most admire tech companies, pada awal pendiriannya justru bergerak di bidang usaha meubel, tepatnya 1979.

 

“Nampaknya melihat perkembangan industri komputer yang sangat pesat, terutama di Sillicon Valley akhirnya para pendiri memutuskan untuk banting setir ke perusahaan yang memproduksi memory chip,” ujar Adi Rusli, Country Manager EMC Indonesia saat berkunjung ke Bisnis Indonesia hari ini, 7 Maret 2012.

 

Kebanyakan vendor memproduksi chip untuk internal, namun EMC percaya diri untuk melangkah ke jalur stoarge eksternal. Nyatanya, langkah EMC tersebut diikuti oleh banyak vendor di dunia lainnya.

 

Berdasarkan riset International Data Corporation (IDC) terbaru, EMC memegang pangsa pasar tertinggi untuk storage eksternal yaitu mencapai 28,5%. Bahkan bila dibandingkan dengan gabungan pasar internal dan eksternal pun, EMC yang hanya memproduksi chip ekternal tetap lebih unggul.

 

Adi Rusli mengungkapkan resep rahasia suksesnya EMC adalah pada semboyan produknya strong, protecting, intelligence, virtualization, dan data center automation.(api)

 

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper