Apple Bakal Rilis Browser Safari Dilengkapi AI

Rika Anggraeni
Rabu, 1 Mei 2024 | 12:51 WIB
Apple. /Bloomberg
Apple. /Bloomberg
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Apple dikabarkan sedang menguji web browser Safari yang mencakup penyesuaian antarmuka pengguna (UI), fitur pemblokiran konten, serta alat baru yang didukung kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang disebut Pencarian Cerdas.

Dilansir dari AppleInsider, Rabu (1/5/2024), browser Safari berteknologi AI ini diharapkan akan debut sebagai Safari 18 pada 2024. Perangkat lunak ini sedang dievaluasi bersamaan dengan versi pembaruan sistem operasi generasi berikutnya dari Apple, yaitu iOS 18 dan macOS 15.

Jika semua fitur baru berhasil mencapai tahap kandidat rilis, maka pengguna akan mendapatkan antarmuka pengguna (UI) baru untuk mengkustomisasi kontrol halaman populer, fitur Penghapus Web, dan alat penggabungan konten yang dilengkapi teknologi AI.

Safari 18 dapat menemukan tombol beralih untuk menu kontrol halaman baru dalam bilah alamat web yang dapat memberikan akses cepat ke menu halaman lama dan baru. Namun, fitur ini tidak secara otomatis diaktifkan dalam versi uji coba Safari 18 dan membutuhkan aktivasi manual dari menu kontrol halaman.

Dalam memilih frasa kunci, perangkat lunak Apple mengidentifikasi kalimat-kalimat yang memberikan penjelasan atau menjelaskan struktur objek, tergantung pada teks yang ditanyakan. Indikasi awal ini menunjukkan bahwa Apple berusaha untuk menyampaikan ringkasan teks bersama Safari 18.

Artinya, fitur ringkasan teks Apple bisa menjadi respons terhadap alat kecerdasan buatan generatif pesaing, seperti ChatGPT milik OpenAI.

Di samping itu, Apple juga sedang mengerjakan fitur pencarian visual yang jauh lebih kuat yang dijadwalkan akan diintegrasikan suatu saat pada 2025 yang akan memungkinkan pengguna untuk mendapatkan informasi tentang produk saat menjelajahi gambar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper