Tips Membuat Konten yang Menarik di Social Commerce Saat Ramadan

Anitana Widya Puspa
Senin, 11 Maret 2024 | 11:00 WIB
Social Commerce/
Social Commerce/
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Bulan Ramadan yang penuh berkah menjadi salah satu tonggak penting bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan. 

Terdapat beberapa tips yang dapat membantu bisnis UKM tumbuh di momen ini lewat social commerce seperti TikTok, Whatsapp, Instagram, dan Facebook

Chief Marketing Officer Ninja Xpress Andi Djoewarsa menjelaskan social commerce bukan hanya sekedar tren tetapi juga alat yang kuat bagi UKM.

Untuk menjawab tantangan tersebut, Ninja Xpress memberi dukungan kepada UKM untuk mendukung pemanfaatan social commerce bagi para pelaku UKM dengan menyediakan layanan foto & video produk dan pembuatan website untuk mendukung promosi produk di social commerce dan mendorong UKM untuk membentuk brand.com-nya secara mandiri.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan pelaku UKM untuk meningkatkan penjualan di social commerce. 

1. Adopsi konten yang relevan

Bertepatan dengan bulan suci Ramadan, UKM dapat mengadopsi konten yang relevan untuk meningkatkan penjualan di social commerce dengan tema kedermawanan, kebaikan, dan solidaritas untuk menarik perhatian konsumen.

Dengan memanfaatkan momen Ramadan ini, UKM dapat menciptakan kampanye pemasaran yang unik dan menarik, membangun hubungan emosional yang kuat dengan pelanggan, dan memperluas pangsa pasar mereka melalui social commerce.

2. Buat konten reduce, reuse dan recyle

Menurut Survei suara UKM Negeri vol.4, ada beberapa tantangan dari sisi marketing, yang akan dihadapi oleh UKM, dalam melakukan penjualan melalui Social Commerce, yaitu 1,50% mengatakan bahwa membuat konten yang efektif adalah hal yang menantang dalam menjawab tantangan ini, UKM dapat memanfaatkan strategi “Reduce, Reuse, dan Recycle” untuk membantu menekankan efisiensi dalam pengelolaan konten.

Reduce fokus pada penghematan waktu dengan mengurangi pembuatan konten baru. Reuse memanfaatkan kembali konten yang sudah ada, sementara Recycle mengoptimalkan konten pengguna untuk meningkatkan keterlibatan di berbagai aspek bisnis. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola kontennya secara efisien, mencapai tujuan pemasaran, dan memperkuat koneksi dengan audiens.

Selain itu sebanyak 2,48% mengatakan bahwa sulit bagi mereka untuk mengejar algoritma platform yang terus berubah. Eksperimen yang terus-menerus di berbagai platform dengan berbagai konten dari strategi 3R lalu Konsultasikan dengan konsumen UKM yang memiliki nilai paling tinggi di kanal sosial yang mereka sukai.

Ninja Xpress juga memberikan tips bagi UKM dalam menghadapi tantangan pemasaran dalam social commerce dengan:

1. Membangun Keterlibatan Komunitas

Dengan memanfaatkan fitur interaktif dari platform social commerce untuk mendorong partisipasi komunitas melalui berbagi pengetahuan, jajak pendapat, kontes, hingga hadiah eksklusif. Membangun komunitas tidak hanya meningkatkan loyalitas suatu brand tetapi juga memberikan platform untuk membangun hubungan yang luas dengan pelanggan.

2. Membangun Brand.com atau Situs Web Penjualan Mandiri

Dengan membangun brand.com atau situs web penjualan secara mandiri, pendekatan ini membuka peluang dalam mendukung peningkatan penjualan dan brand awareness, serta meningkatkan peringkat kata kunci Google dan optimasi mesin pencari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper