Pengguna Keluhkan Pengiriman Barang di Tokopedia (GOTO) yang Molor

Leo Dwi Jatmiko
Kamis, 18 Januari 2024 | 15:30 WIB
Pengemudi atau driver Gojek mengantarkan paket pesanan dari platform Tokopedia di Jakarta, Jumat (8/4/2022). - Bloomberg/Dimas Ardian
Pengemudi atau driver Gojek mengantarkan paket pesanan dari platform Tokopedia di Jakarta, Jumat (8/4/2022). - Bloomberg/Dimas Ardian
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pengguna platform e-commerce Tokopedia (GOTO) mengeluhkan kualitas pengiriman barang di aplikasi berwarna hijau tersebut. Pengiriman barang molor dari waktu yang telah ditetapkan. Menimbulkan kecemasan terhadap barang yang dipesan lewat aplikasi. 

Salah seorang pengguna aplikasi Tokopedia, Raha, mengatakan bahwa dirinya membeli makanan dari aplikasi Tokopedia. Sayangnya, barang yang telah disimpan tak kunjung sampai.

Waktu pengiriman secara sepihak dari aplikasi Tokopedia diperpanjang 4 hari dari awalnya tiba pada 17 Januari, kemudian diundur menjadi 21 Januari. 

Raha menyesali peristiwa tersebut apalagi barang yang dipesan adalah barang dengan kategori barang mudah rusak. 

“Baru kali ini aku seperti ini setelah bertahun-tahun transaksi di Tokopedia,” kata Raha kepada Bisnis, Kamis (18/1/2024). 

Raha mencoba mencari tahu penyebab pengiriman barang menjadi molor dengan menghubungi penjual. 

Penjual tersebut memberitahu bahwa penyebab mundur pengiriman karena permasalahan kurir. Raha bukan lah orang pertama yang komplain. 

“Minggu lalu juga ada kejadian di Bogor sampai 10 hari. Dahulu kami pakai Si Cepat hanya 1-2 hari sampai ka,” ujar penjual. 

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Bisnis di media sosial keluhan terhadap kurir Tokopedia cukup banyak. Mereka merasakan proses pengiriman yang lebih lama dari biasanya. 

“Hampir seminggu kayak gini aja. Tolonglah kurir rekomendasi tokped yang bener,” tulis akun X @jooniebwerry. 

“@tokopedia, @TokopediaCare suudah paling bener ya kurir rekomendasinya Si Cepat/AnterAja, ini malah pake @idexpress_care udah 3 hari nih paket kaga dipick-up² begimana ceritanya???” tulis @MrsJeon987

“Parah bangettt ini sampai hari ini ngga ada kejelasan paket saya udah sampai mana. Setiap ditanya jawabannya selalu “dalam investigasi kurir”. Kecewa banget. Bukan masalah harganya, tp saya butuh barang tersebut,” tulis @adrianadra. 

“X, please do your magic. Gw bener2 udah hilang akal dan kesabaran sama @tokopedia. Barang Rp25 juta mungkin sepele bagi si ijo ini, tetapi ini kado buat orang tua dan sampai sekaranga tidak ada kejelasan pasti … Dan anehnya lagi.. Kenapa sekelas @tokopedia bisa kerja sama dengan @idexpress_care sebagai kurir rekomendasi? Apakah ini scheme untuk meningkatkan volume transaksi (dengancara fiktif) dan menelantarkan konsumen?” tulis @hyoyeonaddict

Menanggapi hal tersebut, Head of Communications Tokopedia Aditya Grasio Nelwan mengatakan perusahaan terus berupaya agar barang yang dipesan dapat sampai ke tempat tujuan dengan cepat dan tepat melalui kolaborasi.  

Saat ini, layanan Tokopedia telah menjangkau 99% kecamatan di Indonesia. Hal ini berkat kolaborasi yang selalu dilakukan Tokopedia dengan berbagai mitra strategis, salah satunya dengan lebih dari 15 mitra logistik. 

"Sebagai perusahaan teknologi yang inklusif, Tokopedia selalu berkolaborasi dengan mitra logistik yang memiliki komitmen yang sejalan dengan Tokopedia, yaitu mempermudah kehidupan masyarakat Indonesia," kata Aditya kepada Bisnis.  

Tokopedia, lanjutnya, menggandeng lebih dari 15 mitra logistik antara lain GoSend, GrabExpress, AnterAja, SiCepat, Ninja Xpress, REX Kiriman Express, Lion Parcel, Paxel, Kurir Rekomendasi, JNE, TIKI, Pos Indonesia, Wahana, J&T Express, dan masih banyak lagi.

Para mitra logistik ini menghadirkan beragam pilihan pengiriman, seperti instan, same day, next day, kurir toko, reguler, ekonomi dan kargo, untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan dan preferensi pembeli.

Tokopedia bersama para mitra logistik terpercaya tersebut memiliki standar yang telah ditetapkan agar secara konsisten Tokopedia dapat memastikan proses logistik mulai dari awal pembelian hingga pengantaran barang berjalan dengan cepat, aman dan efisien.

 "Tokopedia juga memiliki opsi layanan Kurir Rekomendasi yang menerapkan AI untuk merekomendasikan mitra logistik terbaik berdasarkan performa sehingga kualitas pengiriman makin terjaga. Dengan Kurir Rekomendasi, penjual bisa mengatur jadwal pick up barang," kata Aditya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper