Northstar Milik Patrick Walujo Rampungkan Penggalangan Dana NSV I Rp2,18 Triliun

Farid Firdaus
Jumat, 15 Desember 2023 | 13:14 WIB
Patrick Walujo/GOTO.
Patrick Walujo/GOTO.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Modal Ventura milik Patrick Walujo, Northstar Group mengumumkan penutupan penggalangan dana Northstar Ventures I, L.P. (NSV I), dengan komitmen modal mencapai hampir US$140 juta atau setara Rp2,18 triliun.

NSV I akan menyalurkan dana tahap awal (early stage) ke perusahaan rintisan atau startup potensial, terutama yang berkantor pusat atau beroperasi secara signifikan di Indonesia maupun negara-negara lain di Asia Tenggara.

Fokus pendanaan NSV I meliputi layanan internet konsumen, teknologi finansial (fintech) dan perangkat lunak perusahaan, yang mana sektor-sektor tersebut akan mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan jangka panjang di Asia Tenggara.

Chief Investment Officer Northstar Group Chee-Yan Wong mengatakan pihaknya optimistis bahwa kondisi saat ini menghadirkan peluang menarik untuk investasi tahap awal di Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Portofolio NSV I mencakup investasi di lebih dari 10 perusahaan tahap awal terkemuka di Asia Tenggara, diantaranya UTown (pemilik aplikasi Jagat; www.jagat.io), Gently (www.gently.co.id), Maka Motors (www.maka-motors.com) dan Locofy.ai (www.locofy.ai).

“Kami senang dengan pencapaian ini. Hal ini tentunya merupakan wujud dedikasi dan keahlian tim kami. Kami sangat berterima kasih kepada para investor yang telah mendukung kami,” ujar Chee-Yan Wong, dalam keterangan resmi, Jumat (15/12/2023).

Chee-Yan menambahkan Asia Tenggara merupakan wilayah dengan pengguna internet terbesar ketiga di dunia. Meningkatnya tingkat kesejahteraan, populasi generasi muda yang melek teknologi, dan digitalisasi yang semakin maju menghadirkan peluang besar bagi startup teknologi.

Dengan NSV I, lanjutnya, Northstar berharap dapat mendukung para pemimpin masa depan sekaligus melanjutkan misi perusahaan dalam mendukung para wirausahawan membangun bisnis mereka di Asia Tenggara dan sekitarnya.

Managing Director Northstar Ventures Carlson Lau menambahkan dengan memanfaatkan ekosistem ekuitas swasta dan perusahaan portofolio modal ventura Grup Northstar yang lebih luas, mitra strategis global, dan para pendiri usaha regional, NSV I berada pada posisi yang tepat untuk menyediakan kesempatan untuk berkembang, keahlian keuangan, dan wawasan industri kepada perusahaan tahap awal yang Northstar danai.

“Kami ingin mempercepat pertumbuhan perusahaan portofolio tahap awal kami dengan menyediakan jaringan dan kapasitas yang luas untuk investasi dalam berbagai tahapan,” ucapnya.

NSV I mendapatkan dukungan kuat dari berbagai kelompok investor global, termasuk dana kelolaan milik negara (sovereign wealth funds), investor institusional, perusahaan keluarga, hingga individu berpenghasilan tinggi. Dengan penutupan akhir pendanaan NSV I, Grup Northstar kini mengelola komitmen modal sebesar lebih dari US$2,6 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Farid Firdaus
Editor : Farid Firdaus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper