Tren AI dalam Dunia Pendidikan di Masa Depan

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 23 November 2023 | 21:37 WIB
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Ilustrasi kecerdasan buatan atau artificial intelligence AI
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perkembangan AI atau artificial intelegence memudahkan setiap orang dalam melakukan pekerjaan di berbagai bidang industri. Termasuk di bidang pendidikan.

Misalnya proses pencatatan akademik dari presentasi mahasiswa kegiatan dosen sudah tercatat dalam AI dan kegiatan belajar mengajar banyak memanfaatkan AI dalam prosesnya.

“Kita tidak boleh menutup mata bahwa banyak pekerjaan akan digantikan AI, namun demikian tidak perlu kita kuatir dan menjadi takut. Adanya perkembangan AI akan mendorong munculnya masalah-masalah baru, sehingga peluang-peluang baru juga akan bermunculan“ ungkap Dr. Ir. Derwin Suhartono, S.Kom., MTI. Selaku Head of Computer Science Study Program Greater Jakarta.

Dia mengatakan, dengan berkembangnya teknologi AI, maka tidak dapat dipungkiri bahwa akan ada tantangan baru yang muncul karena AI dan lapangan kerja baru.

Teknologi AI dapat menangani berbagai pekerjaan, lanjutnya, karena AI bekerja menggunakan otak. Pentingnya AI dapat dilihat hampir semua industri membutuhkannya, sehingga harus berjalan bersama dengan AI bukan menentangnya, agar dapat meningkatkan pembelajaran.

“Apapun bidang ilmunya, mahasiswa akan diajarkan untuk memahami konsep AI, sehingga bisa melihat peluang implementasi AI dan penggunaan AI dalam menyelesaikan masalah di bidangnya” Ungkap Dr. Reina, S.Kom., M.M. Selaku Vice Rector Academic Operation & Resources and Campus Director BINUS @Kemanggisan.

Dia mengatakan dengan tren AI ke depannya, BINUS menyediakan berbagai fasilitas yang dapat mendukung dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam belajar. Seperti fasilitas Lab User Experience (UX), Lab Digital Industry, Lab AR/VR, Lab Building Information Modelling (BIM), Lab Game Application & Technology, Lab Macintosh, Lab Furniture, Lab Bahasa, Lab Civil Engineering.

Dia menambahkan, setiap program studi yang ada di BINUS UNIVERSITY pasti akan menerapkan pengetahuan mengenai AI. Mahasiswa BINUS harus dapat memahami AI, Karena AI merupakan terobosan dalam perkembangan dunia di berbagai bidang saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper