Google Mau Hapus Akun GMail yang Tidak Terpakai, Ini Cara Agar Tidak Terhapus

Redaksi
Senin, 20 November 2023 | 14:39 WIB
Google akan menghapus akun lama Gmail
Google akan menghapus akun lama Gmail
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mulai 1 Desember 2023, Google akan menangguhkan dan menghapus semua akun Google termasuk GMail yang lama tidak terpakai.

Hal ini berarti pengguna akan kehilangan alamat email, semua foto, dokumen dan catatan yang disimpan di akun Google tersebut. 

Perlu diketahui, akun yang dihapus adalah akun yang tidak digunakan setidaknya selama dua tahun. Sebelum penghapusan, google akan mengirim notifikasi ke akun tersebut dan mengirimkan email untuk pemulihan. 

Dikutip laporan bisnis sebelumnya, pemilihan akun yang hendak dihapus dikarenakan akun tersebut rentan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. 

Kebijakan ini adalah upaya yang dilakukan untuk mengamankan data pengguna, karena semakin sering tidak digunakan, akun cenderung tidak menyiapkan otentikasi dua faktor dan hanya menerima sedikit pemeriksaan keamanan oleh pengguna.

Jika akun Anda masuk dalam kategori akun yang akan dihapus google, tetapi Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, cara-cara berikut akan membantu : 

1. Gunakan Aplikasi Google dengan Akun Lama

Anda masih memiliki waktu untuk mempertahankan akun Anda dengan login pada akun tersebut untuk mengoperasikan beberapa aplikasi misalnya Youtube atau Playstore. 

2. Gunakan Akun untuk Mendaftar Sesuatu

Gunakan akun Google untuk mendaftar sesuatu seperti tiket nonton, tiket konser atau mendaftar aplikasi lainnya sudah cukup membantu mengaktifkan kembali akun tersebut. 

3. Transfer Data ke Akun Utama

Jika Anda memiliki data-data penting dalam akun tersebut, mentransfer data tersebut ke akun yang sering dipakai atau akun utama adalah cara yang tepat. Hal ini mengantisipasi kehilangan data

4. Gunakan Drive

Google drive mempunyai banyak kegunaan selain sebagai tempat penyimpan tambahan. Gunakan google drive untuk membuat dokumen dengan berbagai template. Selain memudahkan pekerjaan, Hal ini juga akan membantu mempertahankan akun Google Anda. (Maria Elfika Simplisia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper